Tips Berkendara Saat Hujan

Saat musim hujan tibsa, ada baiknya semua orang yang ingin berpergian dengan kendaraan bermotor tetap waspada untuk mengendarainya dikarenakan bahaya dijalan saat mengemudi pada cuaca buruk. maka dari itu berhatihatilah dalam berkendara dan dibawah ini adalah tips berkendara disaat hujan turun

untuk itu BrentPrater, instruktur untuk sekolah mengemudi D & D Serkat memberikan tips untuk mengemudi yang aman saat hujan turun

1. Berpikir

Menurut Praeter, ketika hujan turun, banyak pengemudi berkendara tanpa sadar. Artinya, mereka berkendara tanpa memikirkan perbedaan kondisi lalu lintas karena cuaca.
Ketika kondisi cuaca tidak ideal untuk mengemudi, adalah baik bahwa pengemudi harus tetap waspada dan berkonsentrasi pada apa yang terjadi di sekitar mereka.

2. Nyalakan lampu depan

Hampir semua negara di dunia mengadopsi peraturan sehingga lampu depan menyala, terutama jika jarak pandang Anda terganggu. Termasuk saat hujan.
Tapi selain lampu depan, ada baiknya untuk memeriksa sebelum wiper dan roda kaca bekerja dengan baik.

3. Hindari Hydroplanning

Istilah aquaplaning ini juga sering dijumpai saat hujan. Jika mobil didorong pada kecepatan tertentu ketika jalan basah, ban bisa mengapung atau bahkan tidak menyentuh permukaan jalan karena ban tidak mampu membagi air.
Biasanya, terjadinya hyrdroplanning karena kecepatan mobil bisa lebih dari 35 mil per jam. Sementara untuk aquaplaning, perlahan kurangi kecepatan dan arahkan setir hingga lurus kembali.

4. Jangan gunakan cruise control

Jangan berpikir ketika kondisi jalan sedang basah, penggunaan cruise control adalah hal yang tepat karena mampu dengan mantap mengatur kecepatan.
Begitu juga sebaliknya, kemungkinan yang terjadi adalah aquaplaning sehingga kecepatan mobil lebih cepat dan bukan tidak mungkin kehilangan kendali.

5. Kurangi kecepatan

Batas kecepatan dirancang agar pengemudi dapat mengemudi dengan ideal. Jika Anda memahami batas kecepatan, Anda akan memahami lebih baik kondisi masa lalu dan visibilitas yang baik.
Terlebih lagi, jalur yang menyeberang saat hujan bukan jalan biasa yang telah dilewati, jadi baik untuk pergi perlahan-lahan untuk mencapai tujuan.

Demikianlah tips ini semoga bermanfaat

Sumber : Rental mobil dilampung