Tips Agar Anak Suka Membaca

Tips Agar Anak Suka Membaca

Mengapa anak lebih menyukai kegiatan bermain daripada membaca? Karena bermain lebih menyenangkan dibanding membaca yang membosankan. Padahal membaca adalah jendela dunia yang akan membuat anak menjadi manusia yang berkualitas. Nah, bagaimana ya caranya agar anak menyukai kegiatan membaca? Yuk, kita baca tips di bawah ini:

a. Membiasakan membaca bersama anak setiap hari

Kita berikan pemahaman kepada anak bahwa membaca adalah kegiatan yang menyenangkan, jadi janganlah kita memaksanya untuk membaca ketika anak sedang lelah, carilah waktu yang tepat untuk membaca bersama, misalnya ketika malam hari sebelum tidur.

Awali dengan membacakan cerita untuk anak dan biarkan anak memiliki inisiatif untuk mulai membaca. Selesai membaca bersama, tanyakan pada anak pendapatnya terhadap buku yang dibaca anak, dengan itu kita bisa tahu apakah anak memahami isi buku yang dibaca atau tidak.

b. Berikan buku yang menarik perhatian

Agar anak dapat menikmati bacaannya carilah buku yang memiliki gambar-gambar agar bisa menarik perhatian anak dan membangkitkan rasa ingin tahu yang lebih banyak terhadap bacaannya. Bukan hanya gambar, namun carilah tema yang menarik, apabila dari cover bukunya saja tidak menarik tentu anak tidak mau membacanya.

Berikan buku cerita yang sederhana dan lucu untuk anak. Bila anak suka boneka maka berikan buku yang memiliki gambar boneka di dalamnya, begitu pula dengan kesukaan anak yang lainnya kita bisa sesuaikan buku cerita tersebut dengan kesukaan anak.

Sumber : www.studybahasainggris.com