Tiga Golongan yang Dilempar ke Neraka

Tiga Golongan yang Dilempar ke Neraka

Rasulullah saw. bersabda bahwa manusia pertama yang diberi putusan keadilan di pada mereka pada hari kiamat adalah pertama, orang yang meninggal dunia di dalam peperangan. la dibawa ke hadapan Allah SWT dan diberi tahu bakal nikmat dan karunia-Nya agar ia pun mengetahuinya. Lalu, Allah SWT bertanya, “Karunia nikmat apakah itu?”

la menjawab, “Aku berperang di jalan Engkau sampai saya terbunuh.”

Allah SWT menyangkalnya, “Engkau berdusta! Engkau berperang agar dikatakan ksatria dan sebenarnya orang-orang menyatakan kamu demikian.”

Kemudian Allah SWT memerintahkan agar orang itu agar diseret sampai dicampakkan ke di dalam neraka.

Kedua, orang yang mempelajari pengetahuan dan mengajarkannya dan juga membaca Al-Qur’an. la dibawa ke hadapan Allah dan diberi tahu bakal nikmat karunia-Nya agar ia pun mengetahuinya. Lalu, Allah SWT bertanya, “Karunia nikmat apakah itu?”

la menjawab, “Aku mempelajari pengetahuan dan mengajarkannya dan juga membaca Al-Qur’an untuk Engkau.”

Allah SWT menjawab, “Engkau berdusta! Engkau studi agar dikatakan orang kau berilmu dan engkau membaca Al-Qur’an agar kau dikatakan seorang qari’ dan engkau benar-benar dikatakan demikian!”

Seperti halnya orang pertama, ia pun diseret dan dilempar ke neraka.

Ketiga, orang yang diberi keluasan rezeki dan karunia bersama beragam nikmat karunia-Nya agar ia pun mengetahuinya. Lalu, Allah SWT bertanya, “Karunia nikmat apakah itu?”

la menjawab, “Aku senantiasa bersedekah dan saya nafkahkan hartaku demi Engkau.”

Allah SWT menimpali, “Engkau berdusta! Kau lakukan itu agar dikatakan dermawan dan engkau benar-benar sudah dikatakan demikian!”

Allah SWT pun berikan perintah yang serupa bersama menyeret dan mecampakannya ke di dalam neraka. (HR Muslim)

Na’udzu billahi min dzalik.

Baca Juga :