TEKNOLOGI KOMUNIKASI

TEKNOLOGI KOMUNIKASITEKNOLOGI KOMUNIKASI

Komunikasi adalah salah satu keperluan hidup manusia dalam hidup bersosialisasi. Ada beberapa alat penunjang komunikasi yang perlu kita diperhatikan antara lain sebagai berikut:
a. Percetakan
b. Telegrafi
c. Telepon
d. Radio
e. Cinema
f. Televises
g. Satelit komunikasi

BIOTEKNOLOGI

Inti dari bioteknologi adalh bagaiman manusia memanfaatkan organism biologis, baik sistem dan prosesnya, untuk menghasilkan jasa ataupun barang bagi kepentingan kehidupan manusia.
Bioteknologi sebenarnya sudah berkembang sejak 6000 SM, dimana orang Samaria dan Babilon sudah minum bir, hal itu berarti mereka sudah melakukan proses produksi bir dengan cara fermentasi.

1. Rekayasa Genetika 

Menurut pandangan Haldane Yaitu: apabila tidak dapay menemukan mikroorganisme yang dapat membuat apa yang anda inginkan maka ciptakanlah makhluk tersebut dengan cara perekayasaan genetika.
Prinsip dasar rekayasa genetika adalah penyisipan informasi genetika kedalam organisme, replikasi gen, pembelahan (duplikasi) sel dan DNA, mutagenesis, DNA rekombinan dan pengklonan gen.

2. Bioetika 

Merupakan regulasi yang mengatur penelitian bioteknologi. Bioetika muncul karena bioteknologi bekerja dengan organisme alamiah maupun hasil mutasi atau rekombinasi.

NANOTEKNOLOGI 

Nanoteknologi adalah teknologi rekayasa terhadap objek yang diteliti berada pada kisaran nanometer (nm) atau sepermiliar meter (10 ̄⁹ nm). Dalam waktu 10 – 15 tahun ke depan, teknologi nano juga akan berperan dalam :
a. Pembuatan katalis yang jauh efektif untuk proses pengolahan minyak;
b. Peningkatan hasil pertanian dengan merekayasa pengelohan energy dalam tanaman;
c. Penemuan sistem penyaringan air dan desalinasi air laut yang saat ini sedang diuji coba dengan menggunakan elektroda karbon nanotube;
d. Peningkatan sumber energy yang dapat diperbaharui;
e. Mewujudkan kehidupan yang lebih ramah lingkungan.

DAMPAK TEKNOLOGI BAGI KEHIDUPAN MANUSIA 

Dampak teknologi terhadap kelangsungan hidup manusia meliputi hampir semua aspek kehidupan contohnya sandang, papan, dan pangan. Dalam memenuhi kebutuhan rakyat akan sandangdan papan, teknologi telah dapat meningkatan baik kualitas maupun kualitas sandang dan papan yang dibutuhkan. Dampak positifteknologi di bidang pangan yaitu penggunaan teknologi nuklir untuk memperoleh bibit unggul dengan produksi tinggi dalam waktu yang relative singkat.

DAMPAK TEKNOLOGI TERHADAP SUMBER DAYA ALAM 

Tehadap sumber daya alam, kemajuan teknologi memberikan sumbangan dalam mencari alternative lain, pengganti sumber energy yang semakin terbatas jumlahnya. Teknologi juga member alternative dalam mengelola dan memproses sumber daya alm sehingga dapat menurunkan kerusakan serta polusi yang ditimbulkan oleh proses produksi.
Peningkatan teknologi sangat jelas dirasakan, tidak hanya dalam pemanfaatannya tapi juga harus diperhatikan dampak penggunaan teknologi tersebut. Contoh pemanfaatan dan dampak teknologi terhadap sumber daya alam adalah sebagai berikut:

1. Minyak Bumi 
Saat ini minyak bumi masih merupakan sumber daya alam utama dalam memenuhikebutuhan energy dunia, meskipun ketersediannya sudah semakin menurun.
Minyak bumi merupakan bahan galian yang tidak dapat diperbaharui, artinya hanya sekali pakai langsung habis.

2. Batu Bara 
Dampaknya yaitu Diawali dengan cacing tambang yang menggangu kesehatan, kemudian bahaya keterbatasan oksigen dalam daerah pertambangan terhadap para penambang karena, pengangkutan batu bara dari satu tempat ke tempat lain juga tidak luput dari kebocoran atau tumpahan yang menggangu lingkungan.
Batu Bara dan semua jenis mineral tidak dapat diperbaharui. Meskipun demikian berkat teknologi maju, bahan tersebut ada yang dapat dipakai ulang.

3. Air 
Air merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui, artinya setelah dipakai dapat dibersihkan dan digunakan lagi.Namun pembersihan ini tidak dapat dilakukan dengan sempurna sehingga biarpun lambat; nampaknya air bersih ini makin hari semakin menurun jumlah dan kualitasnya . Penurunan kualitas air akbat polusi dapat menyebabkan banyak penyakit. Bila polusi air berasal dari zat kimia beracun, akibatnya lebih serius dan mumbutuhkan waktuyang panjang untuk penyembuhan.

4. Hutan, Hewan dan Ternak 

Sumber Daya Alam yang dapat diperbarui atau memperbarui diri antara lain adalah hutan dan hewan/ternak. Namun teknologi modern justru dapat berakibat pada kerusakan atau kepunahan sumber daya alam tersebut misanya penebangan hutan yang semena-mena akan mengakibatkan hutan tidak dapat diperbarui tetapi bahkan musnah.

5. Tanah 
Tanah pertanian sebagai sumber daya alam merupakan daya yang dapat diperbarui. Tanah dapat digunakan terus-menerus bila dipelihara dengan sebaik-baiknya. Penambahan unsur hara dengan pemupukan merupakan salah satu cara dalam memelihara kondisi tanah.
Penggunaan pestisida yang berisi berbagai macam zat kimia untuk membunuh tanaman, binatang atau jamur yang merugikan dalam pertanian ternyata memiliki efek samping yang membahayakan manusia.

6. Sumber Daya Zat Radioaktif 
Zat Radioaktif merupakan sumber daya alam sangat penting terutama dalam menentukan nasib manusia dimasa yang akan datang.

Dalam kehidupan sehari-hari, beberapa bidang ilmu yang memanfaatkan enegi nuklir untuk kepentingan hidup manusia antara lain sebagai berikut:

a. Pengaruh radiasi terhadap makhluk hidup
b. Teknik nuklir untuk pemuliaan padi dan tanaman lain.
c. Teknik nuklir untuk industry
d. Teknik nuklir untuk kesehatan
e. Teknik nuklir dalam industry radioaktif
f. Teknik nukir dalam hidrologi
g. Teknik nuklir untuk studi pencemaran lingkungan.


Baca juga: https://veragibbons.com/battlefield-frontline-city-bff-apk/