Sejarah Pendidikan

Sejarah Pendidikan

Sejarah Pendidikan

Sejarah pendidikan merupakan

sejarah yang mengkaji pendidikan yang meliputi sistem pendidikan, persekolahan dan gagasan-gagasan masyarakat tentang pendidikan, keagamaan dan ilmu pengetahuan. Oleh karna itu, dalam wujud historiografinya, sejarah pendidikan sulit di bedakan dengan sejarah intelektual jika yang di kaji mengenai gagasan pendidikan.

Silver mengatakan di negara- negara barat perhatian sejarah pendidikan telah begitu nampak sejak abas ke-19, dan pentingnya sejarah tersebut digunakan berbagai macam tujuan, terutama sekali untuk membangkitkan kesadaran bangsa dan kesatuan kebudayaan, pengembangan prifesi guru, atau kebanggan terhadap lembaga-lembaga dan tipe pendidikan tertentu.

Penjelasan pendidikan itu sendiri sebenarnya sangat luas mengingat ia berperan sebagai transmisi kebudayaan (ilmu pengetahuan, teknologi, ide-ide, nilai-nilai spiritual dan estetika) dari generasi ke generasi. Oleh karna itu usia sejarah pendidikan pun sama halnya dengan pendekatan histografinya sejarah secara umum, yakni lebih menekankan pendekatan diakroni.


Sumber: https://blog.fe-saburai.ac.id/seva-mobil-bekas/