SEJARAH JARINGAN KOMPUTER

SEJARAH JARINGAN KOMPUTER

SEJARAH JARINGAN KOMPUTER

Sejarah jaringan komputer berawal saat

munculnya konsep jaringan pada sekitar tahun 1940an di Amerika Serikat. Konsep jaringan komputer ini dicetuskan oleh suatu proyek pengembangan komputer MODEL I oleh Universitas Harvard yang dikepalai oleh Profesor Howard Alken. Pengembangan komputer MODEL I ini dilakukan di Laboratorium Bell.

Pada awalnya proyek ini bertujuan untuk memanfaatkan satu perangkat komputer namun harus digunakan bersama. Tim pengembang ini membuat sebuah proses beruntun yang disebut batch processing untuk mengerjakan beberapa proses untuk membuang waktu kosong. Dengan batch processing ini beberapa program dapat dijalankan secara berurutan dengan bentuk antrian.

Perkembangan jaringan komputer ini juga sejalan dengan perkembangan teknologi komputer itu sendiri. Pada sekitar tahun 1950an mulai berkembang jenis super komputer. Super komputer ini harus melayani beberapa terminal, sehingga kemudian dikembangkan konsep distribusi proses yang bernama TSS (Time Sharing Syatem)yang melakukan distribusi proses berdasarkan waktu.

Dengan menggunakan sistem TSS beberapa terminal terhubung dengan rangkaian seri kepada host yang berupa komputer atau perangkat lainnya yang terhubung dalam jaringan. Teknologi komputer dan teknologi komunikasi yang awalnya berkembang sendiri-sendiri dengan adanya TSS ini menandakan adanya penggabungan perkembangan dua jenis teknologi ini.


Sumber: https://www.rajanego.co.id/heroes-of-destiny-apk/