RMI (Remote Method Invocation)

RMI (Remote Method Invocation)

RMI (Remote Method Invocation)
RMI (Remote Method Invocation)

1.        Definisi

RMI adalah sebuah tekhnik pemanggilan method remote yang lebih secara umum lebih baik dari RPC. RMI menggunakan paradigma pemrograman berorientasi obyek. RMI memungkinkan kita untuk mengirim obyek sebagai parameter dari remote method. Dengan dibolehkannya program Java memanggil method pada remote obyek, RMI membuat pengguna dapat mengembangkan aplikasi Java yang terdistribusi pada jaringan.

2.        Tujuan

  1. Menyediakan fasilitas bagi programmer untuk dapat mendistribusikan objek yang digunakan pada beberapa proses yang berbeda.
  2. Dapat berjalan dalam satu mesin ataupun di beberapa mesin yang terhubung dengan jaringan.

3.        Aplikasi Obyek Terdistribusi

Aplikasi RMI sering kali terdiri dari dua program terpisah yaitu server dan client.

1.    Aplikasi Server

  • Membuat beberapa remote objek
  • Menyediakan referensi terhadap objek-objek tersebut sehingga dapat diakses
  • Menunggu RMI client merequest server

2.   Aplikasi Client

  • Mendapatkan referensi remote ke satu atau lebih objek remote di server
  • Menjalankan method dari objek tersebut
  • Meminta pemanggilan ke beberapa remote objek berbasarkan referensi yang diterimanya.

RMI menyediakan mekanisme dimana server dan client berkomunikasi dan memberikan informasi secara timbal balik, aplikasi ini disebut aplikasi obyek terdistribusi.

4.        Cara Kerja RMI

Dalam model ini, sebuah proses memanggil method dari objek yang terletak pada suatu host/computer remote. Dalam paradigma ini, penyedia layanan mendaftarkan dirinya dengan server direktori pada jaringan. Proses yang menginginkan suatu layanan mengontak server direktori saat runtime, jika layanan tersedia, maka referensi ke layanan akan diberikan. Dengan menggunakan referensi ini, proses dapat berinteraksi dengan layanan tsb. Paradigma ini ekstensi penting dari paradigma RPC. Perbedaannya adalah objek yang memberikan layanan didaftarkan (diregister) ke suatu layanan direktori global, sehingga memungkinkan untuk ditemukan dan diakses oleh aplikasi yang meminta layanan tersebut.

Baca Juga :