RA Kartini Pejuang Kemajuan Perempuan

RA Kartini Pejuang Kemajuan Perempuan

RA Kartini Pejuang Kemajuan Perempuan – Habis Gelap Terbitlah Terang, itulah judul buku berasal dari kumpulan surat-surat Raden Ajeng Kartini yang terkenal. Surat-surat yang dituliskan kepada sahabat-sahabatnya di negeri Belanda itu lantas menjadi bukti betapa besarnya permintaan berasal dari seorang Kartini untuk melepas kaumnya berasal dari diskriminasi yang udah membudaya terhadap zamannya.

Buku itu menjadi pedorong stimulus para perempuan Indonesia dalam memperjuangkan hak-haknya. Perjuangan Kartini tidaklah hanya tertulis di atas kertas tetapi dibuktikan bersama mendirikan sekolah gratis untuk anak gadis di Jepara dan Rembang. Sejak pas itu, dia pun berkeinginan dan bertekad untuk memajukan kaum perempuan bangsanya, Indonesia. Dan cara untuk memajukan itu menurutnya dapat dicapai melalui pendidikan.

Untuk merealisasikan cita-citanya itu, dia mengawalinya bersama mendirikan sekolah untuk anak gadis di area kelahirannya, Jepara. Di sekolah selanjutnya diajarkan pelajaran menjahit, menyulam, memasak, dan sebagainya. Semuanya itu diberikannya tanpa memungut bayaran alias cuma-cuma.

Berbagai halangan tidak menyurutkan semangatnya, lebih-lebih pernikahan sekalipun. Setelah menikah, dia masih mendirikan sekolah di Rembang di samping sekolah di Jepara yang udah didirikannya sebelum menikah. Apa yang dilakukannya bersama sekolah itu lantas diikuti oleh perempuan-perempuan lainnya bersama mendirikan ‘Sekolah Kartini’ di area masing-masing layaknya di Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Malang, Madiun, dan Cirebon.

Baca Juga :