PRINSIP-PRINSIP HUBUNGAN SEKOLAH DENGAN MASYARAKAT

PRINSIP-PRINSIP HUBUNGAN SEKOLAH DENGAN MASYARAKAT

PRINSIP-PRINSIP HUBUNGAN SEKOLAH DENGAN MASYARAKAT

  1. ketahuilah apa yang anda yakini.

Dalam hal ini merupakan tugas kepala sekolah untuk mengembangkan filsafat pendidikan yang menjadi dasar dan tujuan pendidikan di sekolah, agar guru-guru dan staf tata usaha sadar akan apa yang dikerjakan dalam sekolah sehingga tak ada kesimpang-siuran dalam pelaksanaan pendidikan dan pengajaran.

  1. Laksankanlah program pendidikan dengan baik dan bersahabat dengan masyarakat.

Maksudnya untuk mencapai kerjasama dan memperoleh bantuan dari masyarakat buatlah program belajar bagi anak-anak sebaik mungkin, sekolah yanhg dapat menciptakan suasana yang bahagia dan situasi belajar yang menggairahkan bagi murid. Dan sekolah hendaknya melayani setiap orang yang dating ke sekolah itu secara bersahabat.

  1. Ketahuilah masyarakat anda

Masyarakat sekolah hendaknya mengetahui benar-benar keadaan masyarakat di daerah itu, baik sifat dan problemnya maupun sumber-sumber yang ada dalam masyarakat tersebut, karena hal ini adalah penting bagi hubungan antara sekolah dan masyarakat.

  1. Adakan “survey”mengenai masyarakat di daerah tertentu.

Survey diperlukan untuk menghimpun informasi yang meliputi aspek kehidupan masyarakat dan kondisinya. Pengenalan dalam masyarakat merupakan bahan dalam penyusunan hasil survey yang membantu anak-anak dalam menigkatkan, keingintahuan tentang orang-orang didalam sana, kejadian-kejadian, masa depan masyarakat dan membangkitkan minat anak-anak untuk mengadakan penelitian tentang kesejahteraan masyarakat tersebut dan juga akan terbukanya pintu untuk kerjasama antara sekolah dan orangtua dan masyarakat.

  1. Bahan-bahan dokumen

Dalam menyelidiki dan mempelajari keadaan masyarakat itu melalui dokumen-dokumen dari sumber-sumber seperti kantor sensus, lembaga-lembaga ilmiah dan sebagainya.

  1. Keanggotaan dalam organisasi masyarakat.

Tujuan masuk organisasi bukan merumuskan sekolah tetapi cara bagaimana mereka mrumuskan “policy sekolah”. Serta turut membantu sekolah.

  1. Adakan kunjungan kerumah

Banyak faedah dan tujuan yang akan diperoleh dari kunjungan dari kunjungan guru kerumah orangtua murid, baik untuk tujuan proses perkembangan anak maupun untuk menghimpun informasi tentang masyarakat di daerah tersebut.

  1. Layani masyarakat di daerah anda

Sekolah melayani anak-anak dari masyarakat melalui pendidikan dan pengajaran, tetapi sekolah akan menjadi lebih baik bila dijadikan pusat kegiatan masyarakat.

  1. Doronglah masyarakat untuk melayani sekolah.
  2. Adakan hubungan yang baik dengan tokoh-tokoh dalam masyarakat yang dapat memberi bantuan berupa materi, tenaga dan waktu demi kepentingan sekolah.
  3. Mohon bantuan pada pendidik dalam masyarakat untuk melayani sekolah.
  4. Memajukan program belajar anak-anak dan tingkatkan mutu belajar melaui kemampuan dan pelayanan tokoh-tokoh masyarakat tapi pelaksanaan program tersebut hendaknya direncanakan dan diatur dengan baik.

Sumber:

https://haciati.co/travian-apk/