PRINSIP PEMBANGKIT LISTRIK

PRINSIP PEMBANGKIT LISTRIKPRINSIP PEMBANGKIT LISTRIK

Listrik merupakan keperluan dalam kehidupan sehari-hari yang sangat vital pada zaman modern ini.
Ada beberapa macam energy pembangkit listrik, sebagai berikut :

1. PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air)
Prinsipnya adalah energy potensial dari air danau diubah menjadi energy kinetic seperi air terjun, kemudian diubah menjadi energy listrik melalui turbin yang mengerakkan generator.

2. PLTD (Pembangkit Listrik tenaga Diesel)
Prinsipnya mesin disel menggerakkan generator air.

3. PLTN (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir)
Prinsipnya, reaksi nuklir menghasilkan energy panas. Energy panas di ubah menjadi energy mekanik melalui penguapan air. Turbin uap berputar menggerakkan generator listrik.

C. MESIN-MESIN 

Salah satu ciptaan manusia yang menakjubkan adalah mesin-mesin, antara lain sebagai berikut:

1. Mesin bakar 
Prinsipnya, bahan bakar dicampur udara yang dimampatkan dalam silinder diledakkan dengan bunga api dari busi. Gerakan ini diteruskan oleh roda penerus yang sekaligus memutar mesin dan membuang bahan bakar yang telah terpakai kemudian memampatkan bahan bakar dan udara yang baru, kemudian diledakkan dan seterusnya.

2. Mesin disel 
Prinsipnya hampir sama dengan mesin bakar, tetapi tanpa menggunakan percikan bunga api dari bahan bakar yang digunakan yaitu solar.

3. Jet 
Prinsipnya bahan bakar dicampur udara, dibakar dalam tabung pembakar. Gas panas yang dihasilkan digunakan untuk manggerakkan mesin dan seluruh tubuh pesawat.

4. Roket 
Prinsipnya sama dengan jet , hanya saja bahan bakar yangb digunakan berbentuk padat yang telah mengandung oksigen, jadi tidak perlu dicampu udara.

5. Nuklir 
Bahan ini dapat dimanfaatkan untuk sumber tenaga, kesehatan atau pengobatan, peningkatan daya guna tanaman pertanian, pengawetan bahan makanan, pengawet kayu, peningkatan mutu tekstil, penelitian radografi, hidrologi, dan penelitian pencemaran lingkungan.

TEKNOLOGI DAN KEHIDUPAN MANUSIA

A. TEKNOLOGI INFORMASI 

Teknologi informasi berkembang terutama setelah ditemukannya mesin punch card yang merupakan dasar computer oleh Hellorith pada tahun 1890. Seteleh itu, dimulailah pembuatan computer yang pertama, yang ukurannya sangat luar biasa besarnya dibangdingkan dengan computer yang ada sekarang.

1. Komputer 
Dapat digunakn sebagai mesin hitung, mesin tulis, penggati ensklopedia, perpustakaan, arsip suatu kantor, membuat aneka macam program baik untuk keperluan industry maupun pertambangan sampai urusan rumah tangga.
Prinsip kerjanya computer adalah adanya masukan data (input) yang kemudian diproses di sentral processing unit (CPU) menjadi keluaran (output).
Beberapa hal yang dapat dipermudah oleh adanya computer adalah sebagai berikut:
a. Telepon ensiklopedia
b. Robot pelayan rumah tangga
c. Berbelanja lewat telepon
d. Bank data atau bank informasi

2. Internet 
Adalah media komunikasi canggih yang dapat merambah keseluruh penjuru dunia dengan cepat lewat computer. Tampilan gambar dan pesan lebih cepat sampai ke tujuan dan dengan biaya yang relatif murah. Internet dapat digunakan untuk semua tujuan.


Baca juga: https://veragibbons.com/frontline-fury-apk/