Pramuka Milenial Adu Jago Kecanggihan Teknologi

Pramuka Milenial Adu Jago Kecanggihan Teknologi

Pramuka Milenial Adu Jago Kecanggihan Teknologi
Pramuka Milenial Adu Jago Kecanggihan Teknologi

Kemajuan teknologi informasi mendorong anak muda mengikuti perkembangan zaman

, tak terkecuali Pramuka. Pada Lomba Tingkat Lima (LT-V) oleh Kwarnas Gerakan Pramuka, berbagai aneka lomba dengan kecanggihan teknologi pun dilibatkan.

Pembina Pendamping dari Kwarda Bali, Ari menjelaskan, pada ajang kali ini, bukan hanya lokasi penjelajahan yang lebih menantang melainkan mata lombanya juga lebih sulit. Lomba-lomba LT-V kali ini menyesuaikan kondisi generasi Z yang terbiasa dengan internet.

“Sekarang lebih banyak kemajuan. Misalnya, ada lomba robot, lomba penggunaan media sosial. Ini pertama kali. Bagus, mengikuti perkembangan zaman. Sebelumnya kan Pramuka dikenal kayak jadul, tapi sekarang Pramuka sudah mengikuti teknologi,” tegas Ari dalam keterangan tertulis, Jumat (6/10).

Peserta yang bisa mengikuti lomba ini adalah Regu Penggalang (usia 11-15 tahun) yang menjuarai LT-I (tingkat kelurahan), LT-II (tingkat kecamatan), LT-III (tingkat kota/kabupaten), dan LT-IV (tingkat provinsi).

Kegiatan yang mengusung tema “Persaudaraan, Mandiri, Prestasi”

ini akan diselenggarakan pada 22–28 Oktober 2017 di Bumi Perkemahan Pramuka, Cibubur, Jakarta.

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault menjelaskan, Lomba Tingkat Lima ini mempertemukan Regu Pramuka Penggalang terbaik se-Indonesia. Karena lomba ini sangat ketat, prinsip kejujuran, sportivitas, dan keadilan dalam penilaian sangat diperhatikan.

“Regu Penggalang yang hadir adalah Regu Berprestasi Tinggi (Juara 1)

di daerahnya. Saya optimis sportivitas terjaga dan salah satu tujuan perkemahan yakni semakin merekatkan generasi masa depan NKRI,” jelas Adhyaksa.

Para Pembina Pendamping (Bindamping) LT-V juga mengakui bahwa perlombaan LT-V 2017 lebih menantang. LT-V 2017 diikuti regu Pramuka Penggalang terbaik dari setiap Kwarda Gerakan Pramuka seluruh Indonesia.

Mereka adalah para pemenang atau regu berprestasi tinggi dari LT-IV yang diadakan masing-masing Kwarda. Setiap Kwarda mengirimkan regu Putra dan Putri dengan delapan anggota masing-masing regu.

 

Baca Juga :