Perkenalan bersama Macam-Macam Gerak Tubuh

Perkenalan bersama Macam-Macam Gerak Tubuh

Apa kabarnya hari ini? Biasanya, setelah bangun tidur, kalian laksanakan kesibukan apa saja, sih? Apakah kalian kerap berolahraga pagi? Berolahraga pagi merupakan tidak benar satu langkah yang paling enteng untuk memicu tubuhmu tetap bergerak. Selain itu, bersama rajin berolahraga pagi, kamu terhitung dapat lebih fit didalam menekuni hari-hari ke depan. Tahukah kamu, ternyata gerakan-gerakan yang dijalankan tubuh kita itu tersedia banyak macamnya, lho! Jadi, namanya nggak hanya gerakan tangan ke atas dan gerakan tangan ke bawah aja, ya! Sekarang kita mulai yuk, perkenalan bersama gerakan tubuh!

Macam-Macam Gerakan Tubuh

Ada 10 type gerakan tubuh yang mesti kamu ketahui. Jangan-jangan, gerakannya familiar tetapi kamu nggak tau namanya, ya? Nah, sekarang kita kenalan satu-satu, ya!

Ekstensi dan Fleksi

Gerakan ekstensi merupakan gerakan meluruskan tangan. Biasanya, kalau sebelum saat olahraga di sekolah kamu bakal diminta laksanakan pemanasan dulu, kan? Nah, merentangkan tangan kerap jadi tidak benar satu kegiatannya. Kegiatan merentangkan tangan tersebut merupakan tidak benar satu gerakan ekstensi.

Lalu, gerakan fleksi itu apa, dong? Gerakan fleksi adalah gerakan menekuk tangan. Contohnya adalah posisi tangan kala kamu beri tambahan stimulus untuk temanmu. Gerak siku, lutut, ruas jari terhitung terhitung ke didalam gerakan fleksi.

Abduksi dan Adduksi

Gerakan seterusnya adalah gerakan abduksi dan gerakan adduksi. Gerakan abduksi adalah gerakan yang menghindari badan, contohnya gerakan merentangkan tangan. Sedangkan gerakan adduksi adalah gerakan yang mendekati badan, seandainya mengembalikan tangan ke posisi pada awalnya setelah merentangkan tangan.

Depresi dan Elevasi

Wah, kok namanya serem banget sih, depresi gitu? Eh, jangan serem-serem dulu. Gerakan depresi ini adalah gerakan menurunkan bagian tubuh, tetapi gerakan elevasi adalah gerakan menaikkan bagian tubuh. Contohnya adalah gerakan mengarahkan kepala ke atas dan gerakan menurunkan kepala kala tengah berolahraga.

Supinasi dan Pronasi

Yang dimaksud bersama gerakan supinasi adalah gerakan menengadahkan tangan. Sedangkan, gerakan pronasi adalah gerakan menelungkupkan tangan. Hayo, siapa di sini yang senang minta duwit jajan ke mama atau papa? Pasti menengadahkan tangan, kan? Wah, itu tandanya, kamu tengah laksanakan gerakan supinasi, tuh!

Inversi dan Eversi

Gerakan seterusnya bernama gerakan inversi dan gerakan eversi. Gerakan inversi adalah gerak memiringkan telapak kaki ke arah didalam tubuh, tetapi gerak eversi adalah gerakan memiringkan telapak kaki ke arah luar.

Gerak Antar Otot

Selain macam-macam gerakan tubuh yang udah dibahas sebelumnya, tersedia terhitung nih yang namanya gerak antar otot! Gerak antar otot dibagi jadi gerak sinergis dan gerak antagonis.

Gerak Sinergis

Gerak sinergis adalah gerakan 2 buah otot yang sama arahnya. Contohnya adalah gerakan otot pronator teres dan kuadratus, yang bekerja sama untuk menghasilkan gerakan supinasi dan pronasi.

Gerak Antagonis

Wah, kayaknya kerap deh simak tokoh antagonis di serial televisi. Eits, tetapi gerak antagonis ini beda dong sama tokoh antagonis yang kerap kamu simak di serial televisi. Yang dimaksud bersama gerakan antagonis adalah gerak 2 buah otot yang saling berlawanan, seandainya otot trisep dan bisep yang saling menopang kala kita tengah membengkokkan tangan dan meluruskan tangan. https://www.biologi.co.id/