Perbedaan Antara DNA Dan RNA

Perbedaan Antara DNA Dan RNA

Perbedaan Antara DNA Dan RNA
Perbedaan Antara DNA Dan RNA

LBiologi, RNA

Perbedaan DNA Dan RNA – Setelah cukup Lengkap kita Membahas mengenai DNA pada kesempatan yang lalu di artikel pengertian dna, maka kali ini kita akan berlanjut untuk membahas lebih jauh lagi yakni, perbedaan mendasar antara DNA dan RNA. nah teman-teman tentunya sudah mengerti apa itu DNA kan, yup jika teman-teman sudah membaca artikel sebelumnya tidak ada alasan buat tidak tau.

RNA atau yang bisa di sebut juga dengan Asam Ribonukleat atau Ribonucleic Acid, merupakan jenis asam nukleat yang memiliki peran penting. “DNA mencetak RNA mencetak protein” berarti informasi yang berada di dalam DNA akan dipindahkan ke RNA, dan informasi tersebut digunakan untuk sintesis protein.

Jika teman-teman ingin memahami perbedaan secara Rinci antara DNA Dan RNA maka teman-teman haruslah membaca dahulu apa itu DNA di artikel sebelumnya yang linknya udah saya sisipkan di paragraf pertama, yang belum baca silahkan di baca dahulu ya, udah dua kali saya menganjurkan untuk membacanya ya,hehe
bukan apa-apa, hal ini penting agar teman-teman bisa memahami secara keseluruhan artikel ini yang saling berhubungan dengan artikel sebelumnya.
Perbedaan DNA Dan RNA

Gen merupakan

Gen merupakan satu bagian dari DNA yang tersusun atas informasi penting untuk mengkode suatu molekul RNA ataupun suatu protein. Perlu diperhatikan bahwa meskipun kita memiliki ribuan gen, tapi beberapa jenis sel tidak memanfaatkan seluruh gen-gen tersebut. Mungkin hanya beberapa ribu gen saja yang dimanfaatkan oleh sel. Tiap jenis sel memanfaatkan gen-gen yang berbeda. Bagaimanapun, meski gen-gen tersebut sebagian besar terdapat pada kromosom (dimana kromosom tidak pernah meninggalkan inti), tapi informasi genetik tetap dapat dibawa ke luar inti berkat RNA.

Struktur RNA berbeda dengan DNA

Struktur RNA berbeda dengan DNA, baik DNA maupun RNA memang tersusun atas beberapa nukleotida. Tapi, rantai RNA ialah rantai tunggal, sedangkan rantai DNA berupa rantai ganda (double helix atau double stranded). RNA terdiri atas gula pentosa berupa ribosa, sedangkan DNA berupa deoksiribosa.

RNA dan DNA memiliki basa nitrogen/asam nukleat berupa adenin, guanin, dan sitosin, serta timin pada DNA dan urasil pada RNA. Namun demikian, urasil tetap akan berpasangan dengan adenin seperti halnya timin.

 

Sumber : http://www.ngegas.com/