Pengertian, tujuan dan contoh jurnal umum

Pengertian Jurnal umum

Jurnal Akuntansi adalah tempat Anda pertama kali mencatat transaksi. Salah satu dokumen yang keluar sangat sering di bidang akuntansi adalah tentang jurnal umum. Oleh karena itu, penting untuk mempelajari pemahaman, fungsi, bentuk, manfaat, dan contoh untuk meningkatkan pemahaman ketika guru dan instruktur menjelaskan.

Dalam artikel selanjutnya, saya juga akan menjelaskan jurnal untuk mendapatkan data ekonomi yang lebih lengkap. Demi kejelasan, harap tinjau bahan-bahan berikut secara perlahan.

Definisi jurnal umum

Istilah ilmiah umum berasal dari bahasa Perancis (Jour) yang berarti hari. Jurnal publik adalah buku harian atau ungkapan khusus yang digunakan untuk mencatat semua aktivitas perdagangan dalam urutan kronologis dan dalam urutan kronologis. Dengan memasukkan nama transaksi, akun grup, dan nama di kolom kredit atau debit.

Karena penggunaan buku jenis jurnal disesuaikan berdasarkan kebutuhan masing-masing perusahaan, jangan heran jika perusahaan melakukan pembukuan jurnal yang berbeda dari perusahaan lain. Dasar untuk memilih buku-buku jurnal memperhitungkan faktor-faktor efisiensi dan efektivitas perusahaan.

Tujuan jurnal umum

Jadi apa tujuan dari jurnal umum? Salah satu tujuannya adalah untuk mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mencatat dampak ekonomi dari satu transaksi atau berbagai transaksi dalam suatu perusahaan.

Catatan ini juga bertujuan untuk mempromosikan proses mentransfer dampak transaksi yang dihasilkan sesuai dengan transaksi ke akun.
Prinsip dasar pembuatan jurnal umum

Untuk orang-orang Anda yang ingin membuat jurnal, Anda perlu mengetahui prinsip-prinsip dasar pembuatannya sehingga membuatnya lebih mudah dalam proses pembuatannya. Apa yang kamu lakukan adalah Yuksinau.id:

Identifikasi bukti transaksi keuangan yang dilakukan oleh perusahaan. Contohnya termasuk tanda terima, memo, catatan, faktur dan sebagainya.
Pilih akun yang dipengaruhi oleh transaksi yang terjadi dan bagikan dengan mode, kewajiban, atau jenis aset.
Silakan pilih penambahan atau pengurangan akun terkait dengan transaksi yang dilakukan.
Pilih akun debit atau kredit yang terkait dengan transaksi. (Pertama-tama pelajari cara mendebit akun kredit).
Menurut bukti transaksi, transaksi dicatat dalam jurnal umum.

Fungsi jurnal umum

Fungsi historis

Setiap transaksi dieksekusi berurutan sesuai dengan tanggal perdagangan. Jurnal ini menjelaskan aktivitas perusahaan secara terus menerus dan berkelanjutan setiap hari.
Fungsi catatan

Karena jurnal publik harus mencatat semua transaksi yang terjadi dalam perusahaan, tidak ada yang dicatat. Setiap perubahan dalam modal, biaya, aset, dan pendapatan pertama-tama harus dicatat dalam jurnal umum sehingga penciptaan keuangan perusahaan dapat diselesaikan.
Fungsi analisis

Menunjukkan bahwa catatan jurnal ini adalah hasil analisis dari debit dan kredit akun yang relevan dan dalam bentuk jumlah atau nominal. Analisis ini menyangkut distribusi nama akun, catatan debit, dan jumlah kredit.

sumber : https://laelitm.com/