Pengertian Nilai Tukar

Pengertian Nilai Tukar

Pengertian Nilai Tukar
Pengertian Nilai Tukar

 

Nilai kurs adalah suatu nilai tukar mata uang asing terhadap mata uang Negara lain. Nilai tukar tersebut sebenarnya merupakan semacam harga dalam pertukaran tersebut. Demikian pula pertukaran dua mata uang yang berbeda dimana akan terdapat perbandingan nilai atau harga antara kedua mata uang tersebut. Perbandingan nilai inilah yang disebut kurs.

Kurs valuta adalah harga satu unit valuta yang ditunjukan dalam valuta lain. Nilai tukar rupiah terdahap dollar AS merupakan harga satu satuan dollar AS yang dinilai ke dalam satuan rupiah.

Valuta asing atau foreign exchange, secara tipikal merupakan mata uang asing dan bukan sesuatu yang legal tender pada Negara lain. Oleh karena itu, penerimaan devisa dari kegiatan ekonomi internasional perlu dikonversikan dengan mata uang domestic agar dapat diterima sebagai alat tukar terhadap barang dan jasa di luar Negara pencetaknya. Dengan demikian timbul suatu usaha untuk bisa menukar valas tersebut dengan mata uang local agar dapat ditukarkan dengan barang atau jasa di Negara tersebut (Hadi,2001)

Sumber : https://www.anythingbutipod.com/