Pengertian Linux Dan Contohnya

Berikut adalah definisi atau definisi Linux dan contoh-contohnya dibahas secara singkat. Saat ini, kebanyakan orang di Indonesia menggunakan sistem operasi Microsoft Windows. Mungkin karena sistem operasi Windows pertama kali datang ke Indonesia dibandingkan dengan sistem operasi lain. Dengan perkembangan waktu dan teknologi, saat ini ada banyak sistem operasi yang dikenal di luar Windows, seperti MacOS dan Linux. Jadi pada kesempatan ini beri tahu kami tentang sistem operasi Linux yang digunakan oleh pengguna / pengguna.

A. Apa itu Linux?

Yang dimaksud dengan Linux adalah perangkat lunak atau perangkat lunak sistem operasi yang bersifat open source dan bebas untuk mendapatkan atau menyiarkan dengan lisensi GNU. Sistem operasi Linux adalah turunan dari sistem Unix dan dapat digunakan pada berbagai komputer. Dengan Linux, pengguna bisa mendapatkan perangkat lunak lengkap dengan kode sumber. Bahkan pengguna dapat memodifikasi atau memodifikasi kode sumber dan semuanya legal, tentu saja, di bawah lisensi GNU.

Dalam OS Linux ini, kebebasan dan kebebasan adalah yang paling penting, sehingga pengguna mendapatkan kode sumber dan, tentu saja, ini sangat bermanfaat bagi programmer dan administrator. Sementara nama Linux diambil dari namanya adalah Linus Torvalds, Linux diperkenalkan pada tahun 1991. Saat ini OS Linux sudah banyak digunakan di Indonesia karena memiliki banyak keunggulan, terutama untuk sistem operasi untuk server karena gratis dan sangat dapat diandalkan. Linux sendiri saat ini sedang berkembang, beberapa sistem operasi Linux populer seperti Ubuntu, Fedora, Debian, dan sebagainya.

B. Apa itu distribusi Linux?

Linux atau disingkat distribusi sebagai “distribusi Linux” adalah istilah untuk sistem operasi Linux yang dikemas dengan perangkat lunak tertentu sedemikian rupa sehingga mereka memiliki antarmuka dan fitur sesuai dengan keinginan pabrikan, tentu saja, dalam hal inti penggunaannya. Ada banyak distribusi Linux, dan seiring waktu akan tumbuh. Beberapa contoh distribusi Linux dikenal saat ini, seperti SuSE, Red Hat, Debian, Fedora, dan sebagainya. (baca: Memahami kernel dalam sistem operasi yang lengkap).

C. Beberapa contoh Linux

Mengenai beberapa contoh sistem operasi Linux, seperti:

a. Red Hat Linux

Ini adalah salah satu sistem operasi Linux yang paling populer, ia memiliki tampilan grafis yang dimulai selama instalasi, sehingga sangat mudah digunakan.

b. Linux Debian

Ini adalah sistem operasi Linux yang sangat cocok untuk digunakan untuk komputer server, sejak 1999 dan terus dikembangkan. Banyak orang menggunakan Debian sebagai sistem operasi server karena cukup dapat diandalkan. Debian tidak cocok jika digunakan untuk komputer pribadi karena ditujukan untuk server.

c. Ubuntu Linux

Ini adalah sistem Linux yang distribusinya didasarkan pada Debian. Ubuntu dapat digunakan untuk komputer server dan dapat digunakan untuk komputer pribadi dan pribadi. Ubuntu adalah salah satu sistem operasi yang paling banyak digunakan untuk komputer pribadi.

d. Linux Mint

Ini adalah sistem operasi Linux berdasarkan Debian dan Ubuntu. Sebenarnya Linux Mint adalah pengembangan dari Debian Linux. Sistem operasi ini dikembangkan untuk keperluan komputer, Linux Mint sendiri memiliki 2 (dua) jenis, yaitu Cinnamon dan Mate. Jadi di Linux Mint saya bisa menjalankan aplikasi yang bisa digunakan di Ubuntu.

e. Fedora Linux

Ini adalah distribusi RPM dan yum berbasis Linux yang dikembangkan oleh Proyek Fedora dan didukung oleh komunitas pemrograman yang disponsori oleh Read Hat. Misalnya, Fedora 24, yang memiliki beragam keunggulan baik dari segi platform maupun aplikasi.

f. SuSE Linux

openSUSE adalah distribusi Linux open source, manfaat SuSE adalah perpustakaan lengkap dan banyak aplikasi, dukungan yang baik dan pemilihan perangkat keras yang mudah. Selain Red Hat, SuSe adalah distribusi Linux yang terus bertahan dan terus berkembang.

Ini adalah beberapa contoh sistem operasi Linux, banyak lagi, seperti Linux centOS, Linux BlankON dan lainnya.

pengertian linux

D. Kekurangan dan kekuatan Linux

Beberapa kelemahan Linux, misalnya, adalah:

Masih ada pengguna / pengguna yang tidak terbiasa menggunakan OS Linux. Secara umum, ini bukan karena mereka tidak mengerti cara menggunakannya, tetapi belum terbiasa, karena banyak pengguna yang sudah terbiasa menggunakan sistem operasi Windows.
Masih ada banyak perangkat keras dari beberapa penyedia yang kurang ramah atau tidak mendukung sistem operasi Linux.
Menginstal perangkat lunak tidak semudah menginstal pada sistem operasi Windows.
Untuk administrator sistem yang belum terbiasa menggunakan Linux, mereka akan memiliki masalah, jadi mereka harus mempelajarinya.

Sedangkan beberapa kelebihan / kelebihan Linux, misalnya, seperti:

Sistem operasi Linux bersifat open source dan gratis, sehingga tidak memerlukan lisensi khusus. Tentunya jika Anda menggunakannya secara legal dan Anda bisa mengubahnya.
Ini cukup aman karena Linux memiliki properti multi-pengguna. Misalnya, jika pengguna terpapar virus, sulit untuk menyebarkannya ke pengguna lain.
Saat ini, ada banyak perangkat lunak atau aplikasi yang dapat digunakan pada OS Windows yang dapat digunakan di Linux.
Ini memiliki tampilan GUI yang baik, dan memiliki banyak variasi.
Pada sistem operasi khusus server, Linux digolongkan andal dan, tentu saja, gratis diperoleh. Begitu banyak orang menggunakan Linux sebagai OS Server karena berbagai kelebihan yang mereka miliki.
Ini membutuhkan ruang penyimpanan kecil untuk menginstal di komputer Anda.
Linux dapat dikembangkan oleh siapa saja, sehingga memiliki komunitas yang besar.
Jarang runtuh, bisa dikatakan stabil.

Demikian, penjelasan atau pembahasan singkat tentang arti Linux dan contohnya. Kami berharap penjelasan ini dapat dengan mudah dipahami oleh Anda dan tentunya dapat memberikan manfaat.

Sumber : https://www.videomax.co