Pengertian Akutansi Menurut Ahli

Apa itu akuntansi? Pengertian akuntansi adalah proses mencatat, meringkas, mengklasifikasikan, mengolah dan menyajikan data transaksi, serta berbagai kegiatan yang berkaitan dengan keuangan. Dengan adanya akuntansi, akan lebih mudah bagi seseorang untuk membuat keputusan dan tujuan lain.

Berbicara tentang akuntansi tentunya terkait dengan angka dan perhitungan yang rumit sebagai bentuk pencatatan transaksi. Umumnya akuntansi diperlukan dalam bisnis sebagai laporan keuangan perusahaan.

Pembuatan laporan akuntansi dapat digunakan sebagai bahan untuk pengambilan keputusan perusahaan berdasarkan hasil analisis akuntansi. Pemahaman yang lebih dalam tentang akuntansi akan dibahas dalam artikel ini, termasuk fungsi dan bidangnya.

Pengertian Akutansi Menurut Ahli

Beberapa bidang akuntansi meliputi:

Akuntansi Keuangan
Kontrol akuntansi atau audit
Manajemen akunting
Akuntansi pajak
Akuntansi anggaran
Akuntansi untuk organisasi nirlaba
Akuntansi biaya
Sistem akuntansi
Akuntansi sosial
Baca juga: Definisi audit

Memahami akuntansi menurut para ahli yang bersumber dari : santinorice.com
Dalam bahasa yang didasarkan pada Wikipedia, pengertian akuntansi adalah bentuk interpretasi keuangan perusahaan untuk mengukur dan menggambarkan kepastian tentang informasi yang terkait dengan masuk dan keluarnya uang perusahaan.

1. Charles T. Horngren dan Walter T. Harrison
Menurut Charles T. Horngren dan Walter T. Harrison, pengertian akuntansi adalah sistem informasi yang mengukur aktivitas bisnis, memproses data dalam laporan dan mengkomunikasikan hasilnya kepada para pengambil keputusan.

2. Littleton
Menurut Littleton, pengertian akuntansi adalah kegiatan yang bertujuan untuk membuat perhitungan berkala antara biaya (komitmen) dan hasil (hasil). Definisi ini adalah inti dari teori akuntansi dan merupakan ukuran yang digunakan sebagai referensi dalam studi akuntansi.

3. Warren et al
Menurut Warren et al., Pengertian akuntansi adalah sistem informasi yang menghasilkan hubungan dengan pihak-pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan.

4. Rudianto
Menurut Rudianto, akuntansi adalah sistem informasi yang menghasilkan hubungan dengan pihak-pihak yang berkepentingan mengenai kegiatan ekonomi dan kondisi entitas bisnis.

5. C. Churman Barat
Menurut C. West Churman, pengertian akuntansi adalah pengalaman tertulis yang berguna untuk pengambilan keputusan dan pengalaman terstruktur yang berharga untuk membuat pilihan.

6. Suparwoto L.
Menurut Suparwoto L, pengertian akuntansi adalah sistem untuk mengukur dan mengelola transaksi keuangan dan memberikan hasil manajemen dalam bentuk informasi ke bagian internal dan eksternal perusahaan.

Bagian eksternal ini terdiri dari investor, kreditor pemerintah, serikat pekerja dan lain-lain.

7. Arnold
Menurut Arnold, akuntansi adalah sistem untuk memberikan informasi (terutama informasi keuangan) kepada siapa saja yang harus membuat keputusan dan memantau pelaksanaan keputusan ini.

8. Definisi akuntansi sesuai dengan AAA
Menurut American Accounting Association (AAA), pengertian akuntansi adalah sistem identifikasi dan pengukuran untuk memberikan informasi ekonomi dan laporan evaluasi. Tujuan akuntansi, seperti yang dijelaskan oleh Littleton, adalah untuk melakukan perhitungan berkala dari upaya atau biaya hasil yang dicapai.

9. Definisi akuntansi menurut ABP
Menurut Pernyataan Prinsip Akuntansi (APB) n. 4 dalam Smith Skousen, akuntansi adalah kegiatan layanan yang terdiri dari memberikan informasi kuantitatif, terutama yang memiliki sifat membuat keputusan ekonomi dalam membuat keputusan yang merupakan pilihan logis di antara berbagai tindakan alternatif.

10. Definisi akuntansi menurut AICPA
Menurut American Institute of Certified Public Accounting (AICPA), definisi akuntansi adalah seni mendaftar, mengklasifikasikan dan mensintesis dalam beberapa cara dalam moneter, transaksi dan peristiwa yang umumnya bersifat keuangan, termasuk interpretasi hasil.

Dengan demikian, pengertian akuntansi singkatnya adalah sistem dalam bisnis yang membahas keuangan dan bagaimana uang masuk dan digunakan. Oleh karena itu, akuntansi sangat penting dalam bisnis sebagai analisis untung rugi.