Membiasakan Anak Beraktivitas di Alam Terbuka

Membiasakan Anak Beraktivitas di Alam Terbuka

Kebanyakan anak dilazimi untuk beraktivitas di dalam ruangan baik bermain, nonton atau berkutat dengan gawainya. Padahal beraktivitas di luar ruangan paling baik untuk tumbuh kembang anak khususnya yang masih berusia balita. Berikut 5 dalil mengapa anak beraktivitas di alam terbuka.

Meningkatkan Sistem Imun

Siapa bilang anak yang tidak jarang beraktivitas di alam tersingkap rentan terserang penyakit? Justru mereka ini yang mempunyai sistem kekebalan yang lebih baik dari pada anak yang menguras sebagian besar waktunya di dalam ruangan.

Saat sedang di alam terbuka, anak ingin bermain dengan tanah atau air. Tak dapat dihindari, tubuh bakal terpapar oleh sekian banyak jenis kuman pemicu penyakit. Namun ketika tersebut pula, tubuh bakal menunjukan respons kekebalan dan dapat menangkal anak jatuh sakit. Anak yang jarang beraktivitas di dalam ruangan, lebih rentan sakit bila terpapar kuman penyakit. Ini diakibatkan tubuh belum beradaptasi guna merespon serangan kuman.

Paparan sinar matahari langsung terhadap anak pun dapat menstimulasi buatan Vitamin D. Vitamin ini dapat menolong tubuh melawan infeksi. Bagi semua orang tua, kita juga dapat bermain bareng anak di luar ruangan. Vitamin D pun dapat menghindarkan kita dari penyakit jantung dan diabetes.

Membantu Melepaskan Stres

Jangan pikir melulu orang tua saja yang bisa didera stres, anak-anak pun rentan terhadap serangan stres. Faktor pemicunya sangat pelbagai mulai dari situasi rumah, desakan untuk menemukan nilai bagus, sampai perilaku rekan di sekolah.

Penelitian menunjukan mereka yang menguras lebih tidak sedikit waktu berinteraksi di alam mempunyai hormon kortisol (hormon pelepas stres) yang lebih rendah dikomparasikan mereka yang tidak jarang berada di dalam ruangan. Jadi bila hendak anak kita lebih bahagia, bawalah mereka beraktivitas di luar ruangan.

Meningkatkan Kreativitas

Tak melulu batasan ruangan yang minim, ketika bermain di alam, aturan guna anak pun tidak terlampau banyak. Karena itu, mereka bebas bereksplorasi guna menjadi apa saja dan membuat apa pun cocok dengan khayalan mereka. Biasakan anak beraktivitas di alam terbuka semenjak usia dini sebab akan menolong mereka menajamkan kreativitas diri.

Olahraga

Salah satu masalah yang dihadapi anak-anak masa kini ialah terserang obesitas. Dalam dua dasawarsa terakhir, jumlah penderita obesitas pada anak-anak terus merasakan peningkatan. Salah satu pemicunya ialah anak tidak jarang berkutat dengan gawainya atau menyaksikan televisi sampai-sampai jarang bergerak. Apalagi bila ditemani dengan camilan yang tidak sehat.

Dengan beraktivitas di alam terbuka, anak bakal melakukan kegiatan fisik lebih banyak. Mulai dari berlari, melompat bahkan memanjat. Ini adalahsalah satu strategi jitu guna mengontrol berat badan anak. Bagi semua orang tua yang mempunyai masalah berat badan, luangkanlah waktu guna beraktivitas bareng sang buah hati. Di samping kedekatan emosional semakin terjalin, lemak berlebih juga ikut terkikis.

Meningkatkan Kemampuan Belajar

Di era canggih ini, anak bisa belajar dari mana saja. Mereka dapat tahu tidak sedikit mengenai fauna purba, dinosaurus, dari buku, film maupun permainan di gawai. Namun membawa anak ke alam tersingkap dapat menciptakan mereka lebih cepat belajar.

Anda dapat membimbing anak belajar seraya bermain. Misalnya meminta anak mencari fauna dan tanaman yang baru di sekeliling rumah. Selain memahami namanya, ciri-ciri jasmani mereka dapat dapat langsung teramati. Ingatan visual anak juga semakin berkembang.

Sumber : http://www.rockstar98.com/out/www.pelajaran.co.id