Manfaat, Kandungan Serta Budidaya Kacang Bogor

Manfaat, Kandungan Serta Budidaya Kacang BogorManfaat, Kandungan Serta Budidaya Kacang Bogor

Jika pergi jalan-jalan ke kota bogor, ada salah satu oleh-oleh khas yang sering kita jumpai yaitu Kacang Bogor. Buah tangan khas kota bogor ini selain memilki harga yang murah juga memiliki rasa yang nikmat. Tak jarang banyak orang yang menyukai camilan berupa kacang bogor rebus maupun kacang bogor goreng. Namun tahukah anda bahwa jenis kacang ini bukanlah kacang asli Bogor? Untuk lebih mengenal kacang bogor ini, masi kita simak ulasan tentang apa itu kacang bogor, kandungan gizi dan nutrisi, manfaat serta budidaya kacang bogor berikut.

Kacang bogor dengan nama latin Vigna Subterranea adalah kacang yang berasal dari benua Afrika dengan daerah penyebaran Indonesia, Srilanka, India, Malaysia, Filipina dan Sebagian Amerika selatan terutama Brazil. Di Indonesia sendiri, kacang bogor belum begitu populer dan baru mulai diperkenalkan pada abad ke-20. Penamaan jenis kacang ini dikarenakan tanaman ini banyak ditemui dan dibudidayakan pada daerah bogor. Sehingga banyak masyarakat yang lebih mengenalnya dengan kacang bogor, tapi banyak juga yang menyebut kacang bogor dengan nama lain yaitu kacang Bambara.

kandungan dan manfaat kacang bogor

Kandungan Serta Manfaat Kacang Bogor

Kacang bogor sering dijadikan buah tangan ketika mengunjungi daerah bogor, biasanya dalam bentuk kacang rebus. Namun selain itu ternyata kacang bogor juga banyak di gunakan sebagai campuran sayur. Kacang ini memiliki rasa yang nikmat baik dikonsumsi langsung maupun sebagai campuran sayur. Kacang bogor dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan.

Kacang bogor merupakan tanaman semusim atau hanya berbuah sekali, bentuk pohon kacang bogor hampir menyerupai kacang tanah. Kacang ini dikenal memiliki kemampuan tahan terhadap kekeringan dibanding jenis kacang-kacangan lainnya. Belum banyak penelitian yang dilakukan terhadap jenis kacang ini. Sehingga belum ada varietas unggul yang didapat dari jenis kacang bogor. Umumnya penelitian berupa makalah tentang kacang bogor dilakukan sebatas untuk mengetahui kandungan serta manfaat dari kacang bogor itu sendiri.

Kandungan Gizi Dan Nutrisi Kacang Bogor
Diketahui kacang bogor kaya akan kandungan protein dan karbohidrat. Kandungan Protein pada kacang bogor antara 16-21% sedangkan karbohidrat sebesar 50 – 60%, serta mengandung lemak, fosfor, zat besi dan juga vitamin B1. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat tabel kandungan kacang bogor per 100 gram berikut ini.
KANDUNGAN PER 100 GRAM
Energi 370 kkal
Protein 16 gr
Lemak 6 gr
Karbohidrat 65 gr
Kalsium 85 mg
Fosfor 264 mg
Zat Besi 4 mg
Vitamin A 0 IU
Vitamin B1 0,18 mg
Vitamin C 0 mg
Air 10 gr**Sumber: Direktorat Gizi Depkes RI 2000 : 10

Manfaat Kacang Bogor Untuk Kesehatan
Seperti anda ketahui, bahwa kacang bogor kaya akan protein, protein ini berperan penting dalam asupan nutrisi untuk otak. Karena itu kacang bogor mampu meningkatkan kinerja otak dan mempertajam daya ingat sehingga tidak mudah pikun. Manfaat lain dari kacang bogor untuk kesehatan adalah :

Recent Posts