Ketika Para Wali Murid Jadi Guru Dadakan di SD Insan Amanah Malang

Ketika Para Wali Murid Jadi Guru Dadakan di SD Insan Amanah Malang

Ketika Para Wali Murid Jadi Guru Dadakan di SD Insan Amanah Malang
Ketika Para Wali Murid Jadi Guru Dadakan di SD Insan Amanah Malang

Kegiatan belajar mengajar di SD Insan Amanah Malang Kamis

(12/12/2019) lalu terbilang unik dan mengasyikkan. Bagaimana tidak, para siswa-siswi itu belajar bukan bersama guru mereka yang biasa, melainkan bersama wali murid yang jadi guru dadakan.

Sedikitnya, terdapat 50 perwakilan orang tua siswa dari beragam latar belakang dan profesi pun menjadi guru dadakan pada hari itu. Mereka ditugaskan untuk membagi segudang keterampilan dan pengalaman yang bisa ditularkan dan diajarkan pada anak.
insan amanah 3.jpg

Ketika polisi menjadi guru dadakan di SD Insan Amanah Malang.

(Foto: Dokumen)
Kegiatan yang digelar pasca ujian akhir semester satu tersebut sekaligus untuk memperingati Hari Guru Nasional dengan mengangkat tema Teaching Challange for Parents.
Kepala SD Insan Amanah, Dr. Suhardini Nurhayati, M.Pd., mengatakan keterlibatan orang tua di sekolah sangat penting guna menambah wawasan di luar materi pembelajaran.
“Jadi, kita datangkan orang tua untuk mengajar sesuai dengan profesi, sebetulnya kegiatan seperti ini rutin kita lakukan. Biasanya namanya Kelas Inspiratif,” ucap Lulusan S3 Universitas Negri Malang.

insan amanah 1.jpg

Program orang tua siswa menjadi guru dadakan itu bertajuk Teaching Challenge for Parents.

(Foto: Dokumen)
Menurutnya, keterlibatan orang tua siswa di sekolah terkait dengan tumbuh kembang anak sangatlah penting. Sebab, pembelajaran dilakukan tidak hanya tentang materi melainkan ketrampilan dan inovasi belajar yang akhir-akhir ini sedang gencar dilakukan banyak sekolah.
Pada kesempatan tersebut, pihaknya memberi kesempatan kepada orang tua siswa-siswi untuk mengajar di kelas sesuai dengan bidang pekerjaan sehari-hari.
Adapun profesi pekerjaan untuk kegiatan Teaching Challange for Parent itu meliputi jaksa, atlet, dosen, Badan Konservasi, PNS (dinas peternakan), dokter gigi, animator, TNI AU, polisi, pengusaha alat camping, dan lain sebagainya.

 

Sumber :

https://www.kakakpintar.id/