Ketergantungan Pria Terhadap Smartphone, Ini Alasannya

Ketergantungan Pria Terhadap Smartphone, Ini Alasannya

Ketergantungan Pria Terhadap Smartphone, Ini Alasannya

Di zaman modern ini, kebanyakan orang pasti tergiur untuk bisa

menyentuh smartphone dengan berbagai fitur menarik dan aplikasi sosial media di dalamnya. Bahkan, kaum pria cenderung lebih lemah terhadap godaan smartphone ketimbang wanita.

Berdasarkan penelitian dari Kaspersky Lab yang dilakukan Universities of Wurzburg dan Nottingham Trent, menunjukkan, pria rata-rata hanya mampu menunggu selama 21 detik sebelum menyentuh smartphone ketika sedang sendirian. Durasi tersebut berbanding terbalik dengan wanita yang bisa bersabar sampai 57 detik sebelum akhirnya menyentuh smartphone-nya.

“Penelitian itu menunjukkan, pada kenyataannya kita terikat lebih dalam

pada smartphone dibandingkan yang kita sadari, dan sudah menjadi sifat kedua kita untuk beralih ke smartphone saat ditinggal sendirian. Kita tak bisa lagi menunggu, sebab kecepatan informasi dan interaksi yang disampaikan melalui smartphone membuatnya lebih dari sekedar teknologi semata, namun sudah seperti pendamping digital serta koneksi bagi kita ke dunia luar,” kata Jens Binder, peneliti dari University of Nottingham Trent.

Selain itu, penelitian juga menemukan adanya dorongan untuk memeriksa

smartphone akibat dari rasa takut ketinggalan informasi menarik di internet dan jejaring sosial, dan takut tidak eksis atau fear of missing out (FoMo).

Menurut Astrid Carolus dari University of Wurzburg, bahwa semakin sering peserta menggunakan smartphone, maka mereka akan semakin merasa takut ketinggalan berita menarik di internet dan jejaring sosial, saat dirinya tidak mengakses perangkat digital tersebut.

 

Baca Juga :