Kenalan bersama dengan Pengarang Karya Fiksi Fantasi Neil Gaiman

Kenalan bersama dengan Pengarang Karya Fiksi Fantasi Neil Gaiman

Bagi pecinta karya fiksi terlebih fantasi, nama Neil Gaiman tentu tak asing. Ia adalah pengarang komik seri The Sandman dan novel bergenre fantasi—American Gods, Stardust, dan Coraline adalah tiga di antaranya. Namun, tahukah anda bahwa ia terhitung sempat menulis karya nonfiksi yaitu biografi? Memperingati hari kembali th. Neil Gaiman terhadap 10 November, mari kenal lebih jauh dengannya dan karya-karyanya.

Tinggal di Amerika Serikat kini, Neil Gaiman yang memiliki nama sedang Richard lahir dan besar di Hampshire, Inggris. Ia mengawali karier menulisnya bersama dengan menjadi seorang jurnalis selepas sekolah menengah atas terhadap 1977. Tulisannya dimuat di sebagian publikasi beken layaknya The Sunday Times, The Observer, dan Time Out.

Buku pertama yang ditulis Neil Gaiman adalah Duran Duran: The First Four Years of the Fab Five. Itu adalah buku biografi dari kelompok band bergenre rock and roll asal Inggris Duran Duran yang ditulis Neil Gaiman cuma di dalam saat tiga bulan. Buku keduanya pun masih tentang kisah tokoh yaitu Don’t Panic: The Official Hitch Hiker’s Guide to the Galaxy Companion yang merupakan biografi pengarang Douglas Adams.

Sayangnya, Neil Gaiman tidak puas bersama dengan karya pertamanya. Dikutip dari The Telegraph, biografi tentang Duran Duran itu adalah buku paling buruk yang pernah ditulisnya. Buku yang kini sudah tidak dicetak kembali itu ditulis Neil cuma demi uang. Hingga kini, buku itu sudah tidak kembali beredar karena Neil sendiri tidak memperbolehkannya untuk dicetak ulang.

Besar bersama dengan karya-karya fantasi anak-anak layaknya buku-bukunya J. R. R. Tolkien dan Lewis Carroll, Neil Gaiman selanjutnya memiliki kesempatan untuk menulis genre fantasi. The Sandman adalah karya seterusnya yang ditulis Neil Gaiman. Itu adalah seri komik terbitan DC Comics yang terdiri atas 75 volume dan ditempatkan di bawah sebuah imprint bernama Vertigo.

Setelah itu, Neil Gaiman menjadi gencar menerbitkan karya-karya fantasi—dari yang solo sampai duet, dari yang untuk dewasa sampai untuk anak-anak. Good Omens ditulisnya bersama dengan pengarang fantasi Terry Pratchett dan terbit terhadap 1990. Novel fantasi tersohor karya Neil Gaiman lainnya adalah: Neverwhere (1996), Stardust (1998), American Gods (2001), dan The Graveyard Book (2008).

Baca Juga :