Kecerdasan Ummu Salamah r.a.

Kecerdasan Ummu Salamah r.a.

Nama Ummu Salamah r.a. adalah Hindun bin Abi Umayyah Al-Makhzumiyyah. la berasaldari Bani Makhzum, salah satu kabilah terpandang berasal dari suku Quraisy. la adalah wanita cantik, cerdas, dan dermawan. Kecantikannya membawa dampak Aisyah r.a. dan Hafshah r.a. cemburu disaat Rasulullah saw. menikahinya.

Kecerdasan dan kematangan berpikirnya terbukti di dalam perihal yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad r.a. dan Al-Bukhari r.a. berikut. Setelah Rasulullah saw laksanakan Perjanjian Hudaibiyah, banyak kaum muslimin yang mencurigakan perjanjian tersebut dikarenakan diakui lebih beruntung kaum musyrikin Quraisy di Mekah ketimbang kaum muslimin.

Ketika Rasulullah saw. menyeru para sahabatnya, “Hendaklah kalian bangkit untuk menyembelih unta kalian dan mencukur rambut!” Tak seorang pun berasal dari kaum muslimin yang melakukannya, lebih-lebih disaat Rasulullah saw. mengulangi sabdanya hingga ketiga kali.

Rasulullah saw. masuk ke di dalam tempat tinggal dengan lunglai dan menemui Ummu Salamah r.a. Beliau menceritakan sikap para teman baik yang tidak mematuhinya.

Kemudian wanita cerdas itu memberi saran, “Wahai Rasulullah. Adakah engkau menghendaki sesuatu? Keluarlah engkau tanpa berbicara sepatah kata pun, lalu sembelihlah untamu dan panggilah tukang cukur supaya mencukur rambutmu!”

Rasulullah saw. akhirnya nampak tempat tinggal dan mengikuti anjuran istrinya. Ketika kaum muslimin lihat beliau menyembelih unta dan mencukur rambut, mereka serentak bangkit untuk menyembelih untanya.

Sementara itu, beberapa yang lain saling mencukur rambutnya hingga hampir berjalan pertengkaran dikarenakan berlomba-lomba menghendaki mengikuti Rasulullah saw.

Demikianlah Ummu Salamah r.a. menopang perjuangan sang suami di dalam laksanakan tugasnya sebagai Rasul Allah dengan pemikiran-pemikiran cerdasnya.

Sumber : https://tutorialbahasainggris.co.id/

baca juga :