JARINGAN KOMPUTER INTERNET RELAY CHAT

JARINGAN KOMPUTER INTERNET RELAY CHAT

JARINGAN KOMPUTER INTERNET RELAY CHAT

Pada tahun 1979 tiga orang ahli komputer

bernama Jim Ellis, Tom Truscott dan Steve Bellovin berhasil menciptakan User Network (USENET) yang merupakan newsgroup pertama yang pernah ada. France Telecom pada 1981 berhasil membuat gebrakan baru dengan menciptakan telepon televisi pertama. Dengan telepon televisi ini orang bisa menelepon dan juga berhubungan dengan video.

Dengan semakin bertambahnya pemakai komputer yang membuat jaringan, diperlukan sebuah protokol resmi yang bisa diterima dan diakui oleh semua jaringan komputer. Oleh karena itu dibuatlah TCP (Transmission Control Protocol) pada tahun 1982. TCP ini juga sering dikenal dengan istilah Internet Protocol (IP).

Pada saat yang bersamaan perkembangan jaringan komputer di Eropa melahirkan EUNET (Europe Network), yaitu jaringan komputer serupa dengan TCP yang meliputi beberapa negara di Eropa seperti Swedia, Belanda, Denmark dan Inggris. Salah satu layanan yang disediakan oleh EUNET adalah newsgroup USENET dan jasa surat elektronik.

Pada tahun 1984 untuk melakukan penyeragaman alamat di jaringan komputer maka dibuatlah Sistem Penamaan Domain yang diberi nama DNS (domain name system). Setelah diluncurkan sistem DNS ini sudah menghubungkan lebih dari seribu komputer pada jaringannya. Bahkan pada tahun 1987 sudah terdapat lebih dari sepuluh ribu komputer yang tersambung ke jaringan komputer dengan sistem DNS.

Seorang ahli jaringan komputer dari Swedia bernama Jarkko Oikarinen pada tahun 1988 meluncurkan IRC (Internet Relay Chat).  Internet Relay Chat memungkinkan dua atau lebih pengguna jaringan komputer untuk saling berinteraksi secara langsung atau real timedengan mengirim pesan singkat. Kegiatan saling mengirim pesan singkat menggunakan jaringan komputer ini kemudian dikenal dengan istilah online chatting.

Dikarenakan semakin populernya online chatting, jumlah komputer yang terhubung ke jaringan semakin melonjak bahkan hingga sepuluh kali lipatnya atau sekitar lebih dari seratus ribu pengguna komputer.

Seorang ahli jaringan komputer bernama Tim Berners Lee pada tahun 1990 melakukan perancangan sebuah program untuk menyunting dan menjelajah jaringan komputer antara satu komputer dengan komputer lain. Program ini kemudian disebut WWW yang merupakan singkatan dari Waring Wera Wanua atau lebih dikenal luas sebagai World Wide Web.

Dua tahun setelah Tim Berners Lee menciptakan World Wide Web, pengguna jaringan komputer sudah mencapai lebih dari satu juta pengguna yang tersambung di seluruh dunia. Dengan pengguna jaringan yang banyak melakukan penjelajahan melalui World Wide Web kemudian muncul istilah surfing.

Setelah berkembang dan digunakan secara luas selama 4 tahun, pertumbuhan situs di internet sudah mencapai 3000 alamat halaman internet. Pada tahun yang sama juga untuk pertama kalinya dalam sejarah, munculnya virtual shopping dan e-retailuntuk berbelanja secara virtual di internet. Pada tahun ini juga muncul salah satu mesin pencari yang sangat populer yaitu Yahoo! dan juga muncul Netscape Navigator.


Baca Juga :