JARINGAN KOMPUTER ARPANET

JARINGAN KOMPUTER ARPANET

JARINGAN KOMPUTER ARPANET

Di tahun 1969 Departemen Pertahanan Amerika

membuat penelitian dengan tujuan memadukan beberapa komputer untuk membentuk jaringan organik. Program penelitian ini memiliki julukan ARPANET. Seiring perkembangannya lebih dari sepuluh buah komputer sudah bisa saling dihubungkan agar membentuk jaringan dan bisa saling berkomunikasi pada tahun 1970.

Ditahun yang sama itu juga mulai digunakan konsep proses distribusi karena perkembangan jaringan komputer yang semakin baik dan meningkatnya beban pekerjaan yang disertai meningkatnya harga komputer. Dalam proses distribusi ini pekerjaan besar dikerjakan oleh beberapa komputer host secara paralel dan melayani beberapa terminal yang tersambung ke host komputer secara seri.

Proses distribusi sudah wajib dibutuhkan oleh penggabungan antara teknologi komputer dengan teknologi komunikasi, hal ini bukan hanya adanya proses yang mesti didistribusikan, namun juga karena seluruh host  harus dengan perintah tunggal dari komputer pusat bisa  melayani  terminal-terminalnya.

Roy Tolimson di tahun 1972 sukses dalam mengembangkan perangkat surat elektronik atau yang biasa disebut sebagai email. Program surat elektronik ini awalnya dibuat untuk proyek ARPANET pada tahun sebelumnya. Program ini langsung menjadi sangat populer karena kemudahannya untuk digunakan. Dengan popularitas surat elektronik ini logo at (@) mulai dijadikan sebagai ikon penting yang memiliki makna “pada”.

Jaringan ARPANET pada tahun 1973 mulai diperkenalkan secara luas ke luar Amerika Serikat. Anggota jaringan ARPANET yang pertama di luar Amerika Serikat adalah komputer Univercity College London.

Masih di tahun yang sama, Vinton Cerf dan Bob Kahn yang merupakan dua orang ahli komputer memperkenalkan gagasan yang lebih maju dari sebelumnya. Gagasan inilah yang nantinya akan menjadi cikal bakal internet. Kedua ahli komputer ini mempresentasikan ide mereka di Universitas Sussex.

Pada 26 Maret 1976 Ratu Inggris sukses mengirim sebuah surat elektronik dari Royal Signals and Radar Estabhilshment. Kemudian pada tahun 1977 sudah terdapat lebih dari 100 komputer yang saling terhubung di ARPANET membentuk jaringan komputer.


Sumber: https://www.r9racinggeneration.co.id/transport-tycoon-apk/