Informasi dan Komunikasi

Informasi dan Komunikasi

          Informasi dan sistem komunikasi yang relevan dengan tujuan pelaporan keuangan, yang meliputi sistem akuntansi, terdiri dari metode dan catatan yang ditetapkan untuk mengidentifikasi, merakit, menganalisis, mengklasifikasi, mencatat, dan melaporkan transaksi entitas (serta peristiwa dan kondisi) dan untuk mempertahankan akuntabilitas untuk aktiva dan kewajiban yang bersangkutan. Komunikasi melibatkan menyediakan pemahaman yang jelas tentang peran dan tanggung jawab masing-masing yang berkaitan dengan pengendalian internal atas pelaporan keuangan (AU 319,34).

      Transaksi terdiri dari pertukaran aset dan jasa antara suatu entitas dan pihak luar, serta pengalihan atau penggunaan aset dan jasa dalam suatu entitas. Sistem akuntansi yang efektif harus:

  1. Mengidentifikasi dan merekam hanya transaksi yang sah dari entitas yang terjadi dalam periode berjalan (keberadaan atau kejadian pernyataan).
  2. Mengidentifikasi dan mencatat semua transaksi yang valid dari entitas yang terjadi dalam periode berjalan (kelengkapan pernyataan).
  3. Pastikan bahwa aset dan kewajiban yang tercatat adalah hasil dari transaksi yang dihasilkan hak entitas, atau kewajiban untuk, barang-barang (hak dan kewajiban pernyataan).
  4. Mengukur nilai transaksi dengan cara yang memungkinkan merekam nilai moneter yang tepat dalam laporan keuangan (penilaian atau alokasi pernyataan).
  5. Menangkap cukup detail dari semua transaksi untuk memungkinkan presentasi yang tepat dalam laporan keuangan, termasuk klasifikasi yang tepat dan pengungkapan yang diperlukan (penyajian dan pengungkapan pernyataan).

Kegiatan Pengendalian

          Aktivitas pengendalian adalah kebijakan dan prosedur yang membantu memastikan bahwa arahan manajemen dilaksanakan. Mereka membantu memastikan bahwa tindakan yang diperlukan telah diambil untuk mengatasi risiko terhadap pencapaian tujuan entitas. Aktivitas pengendalian memiliki berbagai tujuan dan diterapkan pada berbagai tingkat organisasi dan fungsional (AU 319,32).

Pemantauan

         Pemantauan adalah proses yang menilai kualitas kinerja pengendalian internal dari waktu ke waktu. Ini melibatkan menilai desain dan operasi pengendalian secara tepat waktu dan mengambil tindakan perbaikan yang diperlukan (AU 319,38).

  1. Pemantauan dapat terjadi melalui kegiatan yang sedang berlangsung.
  2. Pemantauan juga dapat terjadi melalui evaluasi berkala yang terpisah.
  3. Manajemen dan komite audit harus sadar IT risiko dan memantau kinerja pengendalian intern di lingkungan TI.

Petugas Akuntansi 4. harus sadar IT risiko dan memantau risiko ini secara terus-menerus.

  1. Komite audit mungkin biaya audit internal dengan ulasan periodik IT risiko dan kontrol.
  2. Manajemen dapat menerima informasi dari regulator, seperti pemeriksa bank, dan auditor eksternal tentang kelemahan dan direkomendasikan perbaikan.

Baca juga: