Implementasi Konsep Iman Dan Takwa Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Implementasi Konsep Iman Dan Takwa Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Implementasi Konsep Iman Dan Takwa Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Iman sangat penting dalam kehidupan manusia

Tanpa iman, ibadah yang dilakukanakan sia-sia, bahkan amal yang dilakukan tidak akan sampai kepada Allah SWT, sepertiyang dijelaskan dalam Al-Qur’an surat An-Nabia ayat 94, yang artinya
 “Barang siapa yang megerjakan amal sholeh, sedang ia beriman, maka usahanya tak akan terabaikan. Dan sesungguhnya Kami menuliskan amalan itu untuknya”
Keimanan dan ketaqwaan yang dianugerahkan Allah SWT untuk kaumnya haruslah disyukuri dan diperkuat dengan cara meningkatkan ibadah amal, misalnya disamping 
menjalankan ibadah wajib (sholat, zakat, puasa), juga menjalankan ibadah sunnah,misalnya dengan membayar infaq dan sedekah.
Berikut penerapan iman dan taqwa dalam kehidupan sehari-hari, sebagai berikut:
A.    Menjalankan keenam rukun iman. 
B.     Menaati perintah Allah dan beramal sholeh untuk mendapatkan ridhlo Allah
C.     Membersihkan diri dari hal-hal yang diharamkan (menghindari keharaman)
D.    Ringan tangan atau saling membantu sesama manusia.
E.     Menjaga aurat pada dirinya sesuai dengan ajaran agama.Ada sebuah hadist yang menyatakan,bahwa Rosulullah SAW bersabda:
“Barang siapa bisa menjamin diantara kedua mulut (bibir)nya (bibir atas dan bawah),niscaya aku akan menjadi surganya”.
F.      Menjaga amanah dan menepati janji. Sebagai orang yang beriman dan bertaqwa haruslah bisa menjaga amanah yang diberikan kepada dirinya dan berusahalah untuk selalu menepati janji selagi masih mampu.

G.    Menjaga sholat wajib. Menjaga sholat dalam kehidupan sehari-hari bukan persoalan yang mudah. Menjaga sholat ini berarti orang tersebut bisa menjaga waktunya, dia selalu sholat tepat waktu dan tidak menunda-nunda sholatnya. Disamping sholat tepat waktu orang tersebut juga menjaga cara dan bacaannya dengan benar sesuai dengan tuntunan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Disamping itu juga harus bisa menjaga efek positif dari sholat, yaitu dengan benar-benar menghayati dan melaksanakan apa yang telah dibaca dalam melaksanakan sholat.


Sumber: https://student.blog.dinus.ac.id/handay/seva-mobil-bekas/