Hipotesis Tindakan

Hipotesis Tindakan

Berdasarkan latar belakang di atas maka hipotesis dalam penelitian ini adalah :

Bahwa pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning akan lebih baik proses pembelajaranya sehingga hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 01 Sandai Kabupaten Ketapang pada materi “Jenis Peta” dapat maksimal.

  1. Metode dan Bentuk Penelitian

  2. Metode Penelitian

Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriftif

  1. Bentuk Penelitian

Bentuk penelitiannya yang digunakan adalah bentuk penelitian tindakan kelas atau classroom action research.

  1. Rencana Tindakkan
  2. Perencanaan / Persiapan (Planning)

Pada tahap ini peneliti dan guru  akan menyusun rancangan penelitian untuk penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memecahkan masalah yang dihadapi dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada materi  jenis peta di kelas VII SMP Negeri 01 Sandai Kabupaten Ketapang.

Dalam penelitian ini, secara umum perencanaan merupakan kolaborasi antara peneliti dan guru . Adapun kegiatan perencanaan yang dilakukan adalah sebagai berikut :

1)        Membuat Silabus

2)        Membuat RPP

3)        Membuat lembar observasi guru

4)        Membuat soal post-test

  1. Pelaksanaan tindakan(Acting)

Pada tahap ini, rancangan strategi skenario penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning akan ditetapkan sebagai implementasi isi rancangan dalam tindakan kelas. Dalam kegiatan pembelajaran ini guru diharapkan untuk berusaha melakukan apa yang sudah dirumuskan dalam perencanaan. Keterkaitan antara pelaksanaan dan perencanaan perlu diperhatikan secara seksama agar sesuai dengan maksud dan tujuan semula.

 

Recent Posts