Hakikat Globalisasi Menurut Para Ahli Serta Dampaknya

Hakikat Globalisasi Menurut Para Ahli Serta Dampaknya

Hakikat Globalisasi

 

Hakikat Globalisasi Menurut Para Ahli Serta Dampaknya – Istilah globalisai saat ini menjadi sangat populer karena berkaitan dengan gerak pembangunan Indonesia, terutama berkaitan dengan sistem perekonomian terbuka dan perdagangan bebas. Era globalisasi ditandai dengan adanya persaingan yang semakin tajam, padatnya informasi, kuatnya komunikasi dan keterbukaan. Tanpa memiliki kemampuan ini maka Indonesia akan tertinggal jauh dan terseret oleh arus globalisai yang demikian dahsyat.

Hakikat Globalisasi Menurut Para Ahli Serta Dampaknya

Ada beberapa penjelasan yang dikemukakan oleh para ahli antaranya John Huckle (Mirian Teiner, 1996) yang menyatakan bahwa globalisasi adalah ‘sesuatu proses yang berkenaan dengan kejadian. Keputusan dan kegiatan disalah satu bagian dunia menjadi suatu konsekuensi yang signifikan bagi individu dan masyarakat didaerah yang jauh’.

Ahli lainnya Albrow (Yaya, 1998) mengemukakan bahwa globalisasi adalah keseluruhan proses dimana manusia di bumi ini dikelompokkan kedalam masyarakat dunia yang tunggal sehingga menjadi masyarakat global.

Hakikat Globalisasi Menurut Para Ahli

Menurut Fidel Castro Ruz (2002) Globalisasi adalah suatu realitas obyektif yang bisa lebih memperjelas fakta.

Pandangan lain dikemukakan oleh pakar teknologi seperti dari UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) yang mengatakan bahwa globalisasi adalah suatu fenomena khusus dalam peradaban manusia yang bergerak terus dalam masyarakat global dan merupakan bagian dari proses manusia global itu.

Ahli lainnya yaitu Hamijoyo (1990) menjelaskan ciri-ciri yang berkaitan dengan globalisasi seperti berikut.

1. Globalisasi perlu didukung oleh kecepatan informasi, kecanggihan transportasi dan manajemen yang tangguh.
2. Globalisasi telah melampaui batas tradisional geopolotik. Batas tersebut saat ini harus tunduk kepada kekuatan teknologi, ekonomi dan sosial politik dan sekaligus mempertemukan tatanan yang sebelumnya sulit dipertemukan.
3. Adanya saling ketergantungan antarnegara.
4. Pendidikan merupakan bagian dari globalisai. Penyebaran dalam hal gagasan, pembaruan dan inovasi dalam struktur, isi dan metode pendidikan dan pengajaran sudah lama terjadi yang menunjukan globalisasi.

Pendapat lain dikemukakan oleh Tilaar (1998), era globalisasi adalah suatu tatanan kehidupan manusia yang secara global telah melibatkan seluruh umat manusia. Menurutnya globalisasi secara khusus memasuki tiga arena penting dalam kehidupan manusia yaitu ekonomi, politik, dan budaya. Hal ini didukung oleh dua kekuatan, yaitu bisnis dan teknologi sebagai tulang punggung globalisasi.

Dampak

Globalisasi mempunyai dampak positif dan negatif. Sebagaimana yang dikemukakan oleh Tilaar (1998), bahwa dampak positifnya akan memunculkan masyarakat megakompetisi di mana setiap orang berlomba untuk berbuat yang terbaik. Sebaliknya, globalisasi juga bisa menjadi ancaman bagi terhadap budaya bangsa. Globalisasi akan melahirkan budaya global dan akan menjadi ancaman bagi budaya lokal atau budaya bangsa. Di samping itu, juga akan memunculkan maslah-masalah lainnya. Diantaranya ada beberapa masalah globalisasi dalam lingkungan tekonologi.

 

Artikel Terkait: