Fungsi Overdrive Pada Mobil Matic

Pengertian Overdrive

Overdrive (OD) adalah istilah dalam kamus transmisi otomatis, untuk merujuk ke gigi tambahan. OD pertama kali diperkenalkan pada 1930-an, ketika industri otomotif menjual mobil dengan transmisi tiga kecepatan. dengan penjualan mobil OD pada waktu itu dia bersemangat. Kecepatan mesin selalu lebih cepat berkat sistem OD ini.
iklan

Kebanyakan mobil yang menggunakan sistem transmisi otomatis atau otomatis biasanya memiliki fitur overdrive (O / D) yang terletak di tuas persneling. Untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya, tombol ditekan. mengaktifkan mode overdrive, Anda maju menggunakan gigi tertinggi.

Di dunia otomotif, istilah OD juga mendefinisikan kondisi tertentu rasio transmisi, di mana diameter roda gigi atau jumlah transmisi (gigi penggerak) lebih besar atau lebih besar dari gigi yang digerakkan. Efek dari peningkatan kecepatan terjadi dengan meningkatnya energi.

pengoperasian OD melalui tombol OD

Ketika gigi penggerak memiliki lebih dari satu diameter atau banyak gigi yang berkaitan dengan gigi yang sedang dipindahkan, maka akan menghasilkan OD pada poros output. Sebaliknya, jika gigi penggerak lebih kecil dari gigi, akan menghasilkan pengurangan gigi.

Setelah mendengarkan ulasan di atas, setidaknya sekarang Anda tahu di dunia transmisi otomatis atau otomatis, istilah OD sebenarnya mengacu pada dua hal, yaitu untuk merujuk pada kondisi rasio transmisi tertentu dan merujuk ke gigi tambahan.

Pada beberapa mobil otomatis

operasi OD biasanya berupa saklar atau tombol ON atau OFF yang terletak di poros tuas persneling atau transmisi transmisi otomatis. Pada beberapa jenis kendaraan otomatis lainnya, operasi OD dilakukan hanya dengan memposisikan tuas transmisi otomatis pada simbol nomor 3 (P R N D-3-2L).

Pekerja OD aktif atau tidak, ditunjukkan oleh cahaya yang menerangi indikator OD yang terletak di panel instrumen. Ketika kita menekan tombol OD pada tuas transmisi transmisi otomatis, biasanya indikator OD atau OFF pada panel instrumen menyala.

Indikator OD atau MATI menyala ketika OD mati. Jika OD aktif, pada transmisi otomatis atau otomatis dengan 4 tingkat percepatan, itu berarti bahwa transmisi otomatis dibiayai dengan gigi 3. Dengan kata lain, bahkan jika pedal akselerator ditekan terus menerus, akselerasi mobil disimpan di gigi 3 dan tidak bisa secara otomatis pindah ke gigi 4.

Di atas disebutkan, pengoperasian OD melalui tombol OD pada tuas persneling atau dengan menggerakkan tuas ke posisi 3. Setiap produsen transmisi otomatis atau otomatis memiliki sela sendiri. Biasanya tombol OD atau saklar dalam kondisi OFF atau aliran listrik dari sistem kelistrikan di dalam mobil tidak berlanjut. Saat MATI, tombol OD memberi sinyal pada unit kontrol transmisi (TCU) untuk tidak mengaktifkan OD.

Sumber : Dealer honda lampung