Foto Kamu Sering Blur? Bisa Jadi Karena Disebabkan Oleh 4 Hal Ini

Foto Kamu Sering Blur? Bisa Jadi Karena Disebabkan Oleh 4 Hal Ini

 

Foto Kamu Sering Blur Bisa Jadi Karena Disebabkan Oleh 4 Hal Ini
Foto Kamu Sering Blur Bisa Jadi Karena Disebabkan Oleh 4 Hal Ini

Selain sebagai alat komunikasi, saat ini smartphone telah berevolusi menjadi “alat fotografi” untuk sebagian orang.

Bisa digunakan untuk mengedit foto, juga mengambil foto. Namun terkadang, foto-foto yang diambil tidak begitu jelas, buram, alias blur.

Kenapa bisa begitu, apakah kamera smartphone kamu rusak? Belum tentu. Mungkin hanya karena masalah teknis saja. Berikut ini adalah 4 hal yang menyebabkan foto kamu menjadi blur.

Kamu terlalu banyak bergerak ketika mengambil gambar

Beberapa smarthphone flagship terbaru memang memiliki fitur yang mampu menghasilkan gambar yang bagus walaupun kamu bergerak. Namun, namanya tidak semua smartphone memiliki fitur tersebut.

Dan inilah salah satu alasan kenapa foto kamu blur. Kamu harus lebih berhati-hati ketika mengambil gambar, usahakan untung jangan terlalu banyak bergerak agar bisa mengambil gambar yang indah dan fokus.

Objek yang kamu foto bergerak

Kamu sudah mengambil foto tanpa bergerak, tapi ko gambarnya masih blur? Bisa jadi objek yang kamu foto yang bergerak. Ini adalah salah satu permasalahan klasik para pengguna smartphone ketika mengambil gambar dengan kameranya.

Untuk menghindari blur, pastikan bahwa objek yang kamu foto dalam keadaan diam.

Lensa kamera kotor

Jangan jauh-jauh mencari penyebab kenapa foto yang kamu hasilkan blur. Lihat saja lensa kamera smartphone

kamu, dalam kondisi bersih atau kotor?

Biasanya jika lensa kamera smartphone dalam keadaan kotor, ia tidak akan menghasilkan foto yang jelek. Bahkan, hanya menyentuh lensa kameranya saja bisa membuat foto menjadi blur. Jadi, sebaiknya kamu bersihkan dulu lensa kamera smartphone ketika akan memfoto.

Belum fokus

Smartphone android keluaran terbaru, yang rata-rata memiliki kamera diatas 5MP biasanya sudah dilengkapi

dengan autofocus. untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal, biarkan autofocus bekerja dengan baik, tunggu sampai foto benar-benar fokus. Baru tekan tombol ambil foto.

Itu dia 4 hal yang bisa jadi menjadi biang kerok blur-nya foto-foto kamu. Lalu pertanyaannya, bagaimana kalau lensa kamera bersih, objek foto tidak bergerak, kamu juga tidak bergerak, dan sudah fokus, kenapa hasilnya masih blur?

Mungkin hardware kamera kamu rusak.

Sumber:

https://galleta.co.id/starlost-apk/