Doa Keluar Rumah dan Masuk Rumah

Jika Anda seorang Muslim dan meninggalkan rumah, disarankan untuk berdoa terlebih dahulu. Dalam Islam, ada saran untuk membaca doa dengan benar sebelum meninggalkan rumah.

Jika seorang Muslim keluar dari rumahnya, apalagi mengendarai mobil, disarankan untuk membaca doa agar perjalanannya aman dan dilindungi oleh Allah SWT.

Doa di luar rumah ini sangat dianjurkan dan ditawarkan oleh Nabi Sallallahuah alayhi wa sallam. Jadi ketika Anda berdoa, Anda harus memperhatikan etiket yang tepat sehingga doanya sempurna.

Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui dan mempraktekkan doa ini sehingga aktivitas Anda atau aktivitas di luar rumah terlindungi dan dijamin oleh Allah SWT. Pada kesempatan ini, doa dari rumah dan doa di rumah dibahas.

Doa Tinggalkan rumah menurut Sunnah Rossul

Nabi Sallallahu ‘alaihi wa Sallam mengajar umatnya tentang etiket, dzikir, dan doa. Termasuk berdoa ketika meninggalkan rumah atau pulang karena rasa terima kasih sudah pasti kembali.

Inilah 3 Sunnah yang meninggalkan rumah

1. Berdoa dua rakaat sebelum meninggalkan rumah
Dengan berdoa dua rakaat sunnah, termasuk langkah-langkah untuk membantu Anda menghindari ketakutan, kesulitan dan bencana.

Ini berdasarkan pada kata-kata Nabi:

“Ketika kamu keluar dari rumah dan berdoa dua rakaat, itu akan melindungimu dari kejahatan dan masalah di luar. Ketika kamu memasuki rumahmu, dua rakaat akan berdoa, maka kamu akan dilindungi dari masalah buruk dan batin.” . Al-Bazzar dalam bukunya Sunan

2. Baca doa keluar rumah

Selanjutnya, doa dibacakan dari rumah yang dibuka oleh rossul.

Doa dari rumah dalam bahasa Arab

بسم الله توكلت على الله, لا حول ولا قوقة إلا بالله

Doa latin dari rumah

“Bismillahi, Tawakkaltu ‘Alallah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah”

Terjemahan makna doa dari rumah

“Dalam nama Allah, saya percaya pada Allah, tidak ada kekuatan dan kekuatan kecuali dengan Tuhan.”

3. Angkat mata Anda ke langit ketika Anda membaca doa dari rumah

Selain melafalkan doa, Nabi menyarankan bahwa jika Anda meninggalkan rumah, pertama-tama Anda akan melihat ke langit dan membaca doa berikut.

Doa keluar  rumah Arab
اللهم إنإ أعأوذ بك أنأ أضلأض أوأ أضلأض أو أظ أظلأظم أوأ ألأ

Doa keluar dari rumah Arab Latin
“Allahumma inni a-‘udzu bika adhilla aw udholla, aw azilla aw uzalla, aw azhlima aw uzhlama, aw ajhala aw yujhala ‘alayya”

Menerjemahkan berarti berdoa di luar rumah

“Ya Tuhan, aku berlindung padamu: aku tersesat atau salah arah atau tergelincir atau tergelincir atau tersesat atau salah arah atau aku bodoh atau bodoh.”

Pertanyaan: Bisakah kedua doa dibaca bersama?

Prof. Shaykh Prof. dr. Abdurrazzaq bin Abdul Muhsin berkata, “Tidak masalah bagi seorang Muslim untuk ingin mempraktekkan dua doa di atas pada saat yang sama.”

Jika Anda ingin mendengar ceramah lengkap membahas doa rumah dan artinya, Anda dapat mendengarkannya atau mengunduhnya melalui tautan ke ceramah oleh Syaikh Abdurrazzaq bin Abdul Muhsin al-Badr.

4. Tinggalkan rumah terlebih dahulu dengan kaki kanan Anda
Setelah menyelesaikan sholat dari rumah ke Sunnah Rossul, disarankan untuk terlebih dahulu menjejakkan kaki kanan terlebih dahulu. Karena kaki kanan untuk melakukan semua bisnis yang baik, termasuk instruksi dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Baca doa untuk memasuki rumah

Setelah mengetuk pintu dan menyapa, disarankan untuk mengucapkan doa untuk memasuki rumah.

Doa memasuki rumah dalam bahasa Arab

اللهم انى اسلأك خيخرالمولج وخيخرالمرخج بسم الله ولجنا وب

Doa memasuki rumah Latin

“Allahumma innii as-aluka khoirol mauliji wa khoirol makhroji bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi khorojnaa wa’alallohi robbina tawakkalnaa”

Terjemahan makna memasuki rumah melalui doa

“Ya Allah, sesungguhnya, aku bertanya kepadamu berdua tentang tempat masuk dan tempat penarikan yang baik, dengan menyanyikan nama Allah yang kita masukkan, dan dengan menyanyikan nama Allah kita, kita keluar dan percaya Allah, Tuhan kita. ”

Masuk dengan menempatkan kaki kanan Anda terlebih dahulu
Setelah selesai berdoa, Anda bisa memasuki rumah. Disarankan agar Anda meletakkan kaki kanan Anda terlebih dahulu dalam segala hal, termasuk instruksi dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam

Sumber : https://waheedbaly.com/

Baca Juga :