Dilihat dari Jenis Usaha Perasuransian

Dilihat dari Jenis Usaha Perasuransian

2.3.1.1  Asuransi kerugian (nonlife insurance)

Jenis asuransi kerugian seperti yang terdapat dalam undang-undang nomor 2 tahun 1992 tentang usaha asuransi menjelaskan bahwa asuransi kerugian menjalankan usaha memberikan jasa untuk menanggulangi suatu risiko atas kerugian, kehilangan manfaat dan tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga dari suatu peristiwa yang tidak pasti. Jenis asuransi ini tidak diperkenankan melakukan usaha di luar asuransi kerugian dan reasuransi. Kemudian yang termasuk dalam asuransi kerugian adalah sebagai berikut :

  1. Asuransi kebakaran adalah asuransi yang menutup risiko kebakaran.[6] Asuransi kebakaran yang meliputi kebakaran, peledakan, petir kecelakaan kapal terbang dan lainnya.
  2. Asuransi pengangkutan adalahasuransi pengangkutan penanggung atau perusahaan asuransi akan menjamin kerugian yang dialami tertanggung akibat terjadinmya kehilangan atau kerusakan pada saat pelayaran.[7] Asuransi pengangkutan meliputi :
  3. Marine Hul Policy
  4. Marine Cargo policy
  5. Freight
  6. Asuransi aneka, yaitu asuransi yang tidak termasuk dalam asuransi kebakaran dan pengangkutan seperti asuransi kendaraan bermotor, kecelakaan diri pencurian, dan lainnya.

2.3.1.2  Asuransi jiwa (life insurance)

Asuransi jiwa merupakan perusahaan asuransi yang dikaitkan dengan penanggulangan jiwa atau meninggalnya seseorang yang dipertanggungkan. Jenis-jenis asuransi jiwa adalah :

  1. Asuransi berjangka (term insurance)
  2. Asuransi tabungan (endowment insurance)
  3. Asuransi seumur hidup (whole life insurance)
  4. Anuitas (anuity contrak insurance)