CIRI CIRI DEMOKRASI PANCASILA

CIRI CIRI DEMOKRASI PANCASILA

CIRI CIRI DEMOKRASI PANCASILA

Demokrasi Pancasila memiliki beberapa ciri di dalamnya. Ciri-ciri tersebut membadakannya dengan berbagai demokrasi yang lain. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri demokrasi Pancasila.

1. ADANYA PELAKSANAAN PEMILU SECARA BERKESINAMBUNGAN

Ciri demokrasi Pancasila yang pertama adalah di dalamnya terdapat pelaksanaan pemilu atau pemilihan umum. Pemilu ini dilakukan secara berkesinambungan dari satu periode ke periode yang lainnya. Semua warna Negara yang sudah memiliki hak pilih diperbolehkan untuk mengikuti pemilu dan menentukan pemimpin yang ia pilih.

2. BERJALANNYA PEMERINTAHAN BERDASAR PADA KONSTITUSI

Pemerintahan di dalam sistem Demokrasi Terpimpin didasarkan kepada konstitusi. Sehingga, apapun permasalahan dan kebijakan yang diambil oleh bangsa ini harus berdasarkan kepada konstitusi atau undang-undang. Mulai dari kasus kriminal, kebijakan ekonomi dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. ADANYA PERLINDUNGAN TERHADAP MINORITAS DAN JUGA HAM

Ciri berikutnya dari demokrasi Pancasila adalah ada perlindungan terhadap kaum minoritas. Sebagaimana diketahui bersama bahwa kaum minoritas kerap mendapatkan ketidakadilan dan sebagainya. Sehingga, mereka perlu untuk dilindungi. Maka, demokrasi Pancasila dikenal sebagai sistem demokrasi yang sangat menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia.

4. DI DALAMNYA TERDAPAT BERBAGAI KOMPETISI IDE DALAM MENGATASI MASALAH

Pengambilan keputusan atau penyelesaian masalah dalam demokrasi Pancasila dilakukan berdasarkan kepada musyawarah. Sehingga, akan ada banyak gagasan dan ide yang diusulkan. Sehingga, diharapkan bisa mendapatkan keputusan yang terbaik.

5. IDE TERBAIK AKAN LEBIH DITERIMA DARI PADA IDE TERBANYAK

Demokrasi Pancasila juga dicirikan dengan ide terbaik yang lebih diterima dari pada ide yang terbanyak. Sehingga, apa yang dihasilkan adalah keputusan yang benar-benar efektif untuk diterapkan.


Sumber: https://www.tawakaltourtravel.co.id/driving-quest-apk/