Cara Paling Mudah Scan Dokumen di Android

Cara Paling Mudah Scan Dokumen di Android

 

 

Cara Paling Mudah Scan Dokumen di Android
Cara Paling Mudah Scan Dokumen di Android

Saat ini, banyak orang lebih banyak bekerja dengan dokumen-dokumen digital. Selain lebih ramah lingkungan

(tidak menggunakan kertas), juga lebih mudah disimpan. Tidak berserakan seperti ketika menggunakan kertas. Dan yang jelas, lebih awet. Dokumen-dokumen digital tidak akan berubah menguning walaupun disimpan selama bertahun-tahun seperti dokumen kertas.

Oh, ya. Dan rayap tidak akan bisa menggerogoti dokumen digital kamu. Mana kuat mulut mereka mengunyah hard disk laptop kamu. Karenanya, banyak orang melakukan backup dokumen kertas mereka menjadi bentuk digital dengan memindainya, lalu menyimpannya di laptop sebagai backup jika sesuatu hal buruk terjadi pada dokumen kertas.

Kamu yang punya scanner mungkin tidak akan kesulitan untuk mengubah dokumen kertas menjadi dokumen digital. Cukup letakan dokumen kertas diatas scanner, lalu dalaman hitungan detik dokumen tersebut bisa kamu simpan secara digital.

Lalu pertanyaannya, bagaimana dengan kita-kita yang tidak punya scanner? Sedangkan pekerjaan menuntut kita untuk mengabadikan setiap dokumen menjadi dokumen digital? Gampang. Kamu punya smartphone? Gunakan saja smartphone.

Kamera smartphone adalah alat yang sangat powerfull. Selain untuk selfie dan memfoto makanan, kamera

smartphone kamu juga bisa digunakan untuk mengubah dokumen kertas menjadi dokumen digital. Tentu dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Apliaksi bernama TinyScanner adalah salah satu contoh aplikasi terbaik yang bisa kamu gunakan. Tampilannya sederhana, tidak memusingkan, dan sangat mudah untuk digunakan. Berikut ini adalah prose memindai dokumen kertas menjadi dokumen digital menggunakan aplikasi TinyScanner.

Buka aplikasi TinyScanner, lalu klik logo kamera. Ini jika kamu ingin memindai dokumen secara langsung menggunakan aplikasi TinyScanner. Jika sebelumnya kamu telah memiliki foto dokumen, kamu bisa memilih mengklik logo galeri untuk mengubah foto tersebut menjadi dokumen digital.

Jika sudah, arahkan kamera smartphone ke dokumen yang kamu inginkan. Usahakan agar posisi dokumen mendatar dan searah dengan posisi kamera untuk mendapatkan hasil terbaik.

Biasanya kamera TinyScanner mampu menyesuaikan posisi dokumen sehingga gambar yang dihasilkan tidak

miring. Jika sudah, klik logo centang. Lalu beri nama dokumen tersebut.

Kamu bisa menyimpn dokumen yang sudah di scan ke penyimpanan internal smartphone, ataupun dikirim ke berbagai aplikasi cloud storage seperti Dropbox, Google Drive, Box, dan lainnya.

Selesai, sekarang dokumen kamu aman karena sudah di backup dalam bentuk digital.

Sumber:

https://galleta.co.id/tank-hero-apk/