Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh (Terhindar dari Virus & Bakteri)

Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh (Terhindar dari Virus & Bakteri)

Jika seseorang punya proses kekebalan tubuh yang baik, maka kesehatan tubuhnya dapat terjaga dengan baik juga. Sistem kekebalan tubuh berfaedah untuk melawan patogen seperti virus dan bakteri yang membuat infeksi dan penyakit. Lantas, apa yang mesti ditunaikan untuk tingkatkan proses imunitas tubuh? Simak langkah tingkatkan kekebalan tubuh selengkapnya di bawah ini.

Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Sebelum menyatakan tentang langkah tingkatkan imun tubuh, mesti diketahui bahwa proses kekebalan tubuh adalah proses yang paling kompleks dan terdiri dari berbagai organ, sel, dan protein. Pola makan yang buruk, stres kronis, tidak cukup tidur, dan situasi medis spesifik sanggup merubah proses kekebalan tubuh Anda.

Berikut langkah tingkatkan kekebalan tubuh yang sanggup Anda lakukan, di antaranya:

1. Blueberry
Cara tingkatkan kekebalan tubuh yang pertama dan ringan ditunaikan adalah dengan mengkonsumsi blueberry. Buah ini punya kandungan style flavonoid yang disebut anthocyanin, zat yang punya sifat antioksidan yang sanggup mendukung tingkatkan proses kekebalan tubuh. Sebuah studi mengungkapkan, flavonoid memainkan peran mutlak di dalam proses pertahanan kekebalan saluran pernapasan.

Penelitian berikut mendapatkan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan kaya flavonoid lebih kecil kemungkinannya untuk meraih infeksi saluran pernapasan atas atau flu daripada mereka yang tidak mengkonsumsi blueberry.

2. Dark Chocolate
Dark chocolate punya kandungan antioksidan yang disebut theobromine, zat yang sanggup mendukung tingkatkan proses kekebalan tubuh dengan menjaga sel-sel tubuh dari radikal bebas.

Radikal bebas adalah molekul yang diproduksi tubuh saat mencerna makanan atau bersentuhan dengan polutan. Radikal bebas sanggup merusak sel-sel tubuh dan sanggup membuat penyakit.

Terlepas dari potensi manfaatnya, dark chocolate punya kalori dan lemak suntuk yang tinggi, menjadi mutlak untuk memakannya di dalam jumlah sedang.

3. Kunyit
Kurkumin, senyawa yang tersedia di di dalam kunyit sanggup digunakan sebagai obat alternatif. Konsumsi kunyit secara tertata sanggup tingkatkan tanggapan kekebalan tubuh. Menurut sebuah penelitian, faedah ini sanggup didapatkan karena kurkumin punya efek antioksidan dan antiinflamasi.

4. Ikan Berminyak
Salmon, tuna, pilchard, dan ikan berminyak lainnya merupakan sumber yang kaya dapat asam lemak omega-3. Menurut sebuah penelitian, asupan jangka panjang asam lemak omega-3 sanggup kurangi risiko rheumatoid arthritis (RA).

RA adalah situasi autoimun gawat yang terjadi saat proses kekebalan tubuh secara salah menyerang bagian tubuh yang sehat.

5. Brokoli
Cara tingkatkan imun tubuh berikutnya adalah dengan sayuran hijau seperti brokoli. Brokoli adalah sumber vitamin C. Brokoli juga punya kandungan antioksidan kuat seperti sulforaphane. Karena alasan ini, sayuran merupakan pilihan yang baik untuk dikonsumsi secara tertata untuk mendukung kesehatan proses kekebalan tubuh.

6. Teh Hijau
Teh hijau hanya punya kandungan sedikit kafein, sehingga orang sanggup menikmatinya sebagai alternatif teh hitam atau kopi. Meminumnya juga sanggup memperkuat proses kekebalan tubuh. Seperti blueberry, teh hijau punya kandungan flavonoid, yang sanggup kurangi risiko batuk pilek.

7. Yoghurt
Kandungan yang tersedia di di dalam yoghurt dipercaya mendukung proses kekebalan tubuh karena mendukung melawan penyakit. Cobalah untuk mengkonsumsi yoghurt tawar daripada yoghurt yang sarat dengan gula. Anda sanggup memaniskan yoghurt tawar dengan buah-buahan. Pilihlah yoghurt yang diperkaya dengan vitamin D. Vitamin D mendukung sesuaikan proses kekebalan tubuh.

8. Olahraga
Sebuah studi mengungkapkan, olahraga intensitas sedang secara tertata memberikan sebagian faedah bagi proses kekebalan tubuh. Olahraga mendukung tubuh melawan patogen dan pertumbuhan sel kanker. Selain itu, olahraga juga sanggup menjaga proses kekebalan tubuh dari efek penuaan dan kurangi peradangan sistemik.

Sebaliknya, jika Anda secara tertata jalankan aktivitas yang kuat dan bersemangat seperti berlari, hal itu sanggup melemahkan faedah kekebalan tubuh untuk kala kala dan membuat Anda lebih rentan pada infeksi virus.

9. Mengelola Stres
Menurut penelitian, stres sanggup berdampak negatif pada proses imunitas. Stres berkesinambungan sanggup merusak proses kekebalan tubuh dan tingkatkan kerentanan pada penyakit. Oleh karena itulah, langkah tingkatkan kekebalan tubuh adalah dengan mengelola perasaan stres yang Anda alami.

Guna mengendalikan stres, gabungkan latihan relaksasi seperti meditasi, yoga, atau pernapasan di dalam di normalitas harian Anda.

10. Tidur Cukup
Kualitas tidur yang buruk sanggup berdampak pada proses kekebalan tubuh. Sitokin adalah protein yang di lepaskan kala tidur dan memainkan peran mutlak di dalam kemampuan tubuh melawan infeksi. Oleh karena itu, langkah tingkatkan kekebalan tubuh yakni dengan meraih kala tidur yang cukup. Waktu tidur umur dewasa yang ideal yakni sekitar 7-9 jam per hari.

Suplemen untuk Meningkatkan Imun Tubuh
Selain sebagian langkah tingkatkan imun tubuh seperti di atas, terdapat sebagian suplemen yang sanggup Anda mengkonsumsi untuk tingkatkan proses kekebalan tubuh, di antaranya:

Probiotik
Sebuah studi mengungkapkan, suplemen probiotik punya efek mendalam pada faedah proses kekebalan. Probiotik adalah bakteri baik yang kebanyakan menghuni usus dan mengoptimalkan proses kekebalan tubuh. Sekitar 70 prosen dari proses kekebalan dikendalikan oleh apa yang terjadi di usus, dan bakteri baik adalah bagian mutlak dari proses kekebalan tubuh. Bakteri sesuaikan proses kekebalan dengan tingkatkan jumlah sel darah putih.

Multivitamin
Bahan gizi mikro yang cukup sanggup mendukung proses kekebalan tubuh berfaedah dengan baik. Ketika tubuh kekurangan mikronutrien, proses kekebalan tubuh sanggup menurun. Vitamin A, B6, B12, C, D, E, tembaga, asam folat, zinc, dan selenium, berfaedah untuk tingkatkan faedah kekebalan tubuh dengan berbagai cara.

Vitamin D
Sebuah studi mendapatkan bahwa jumlah vitamin D yang cukup di dalam tubuh mendukung kurangi kemungkinan terkena penyakit. Jadi, mengkonsumsi suplemen vitamin D memberi bahan bakar pada tubuh dengan jumlah vitamin yang tepat, sehingga mendukung tingkatkan proses imun tubuh.

Spirulina
Beberapa penelitian mengungkapkan, spirulina sanggup digunakan untuk memperkuat proses kekebalan tubuh. Spirulina punya nutrisi kuat yang dikenal sebagai polisakarida, senyawa yang dikenal sebagai penguat proses kekebalan tubuh dan juga mendukung di dalam pencegahan sebagian penyakit.

Zinc
Zinc diperlukan untuk mengoptimalkan faedah sel darah putih yang menjaga tubuh dari penyakit dan infeksi. Selain itu, zinc mendukung di dalam mengolah sitokin, fagositosis, dan proses proses kekebalan tubuh lainnya.

Nah, itulah sebagian langkah tingkatkan kekebalan tubuh yang sanggup dicoba. Selain itu, model hidup yang mendukung proses kekebalan tubuh menjadi tambah kuat juga mutlak untuk diperhatikan, seperti tidak merokok, menjaga berat badan yang ideal, menjauhi mengkonsumsi alkohol, serta rutin menjaga kebersihan tangan dan mulut.

Artikel Lainnya : teknik dasar sepak bola

Baca Juga :