Begini Cara Menanam Pohon Durian Pendek Agar Berbuah Lebat

Begini Cara Menanam Pohon Durian Pendek Agar Berbuah LebatBegini Cara Menanam Pohon Durian Pendek Agar Berbuah Lebat

Durian merupakan salah satu buah yang banyak disukai karena kelezatan rasa daging buahnya. Bahkan buah durian mendapat gelar si raja buah karena rasanya. Buah yang berasal dari Asia tenggara ini memiliki beragam jenis, masing masing jenis memiliki bentuk buah, warna dan rasa tersendiri.

Budidaya buah durian umumnya dilakukan pada area perkebunan dengan media tanam tanah. Durian terkenal dengan tinggi batang pohonnya yang bisa mencapai puluhan meter dan memiliki banyak dahan tempat bergantungnya buah. Namun bagaimana cara agar pohon durian tetap pendek namun sudah berbuah?
Cara Membuat Pohon Durian Pendek Berbuah Lebat
Menanam pohon durian pendek tidak terlalu sulit dilakukan, akan tetapi membuat pohon durian agar berbuah lebat perlu beberapa tips dalam budidayanya. Mulai dari pemilihan lokasi tanam yang tepat hingga teknik perawatan yang benar mutlak harus terpenuhi. Mari kita bahas beberapa diantaranya

pohon durian pendek berbuah lebat

Pemilihan Lokasi Penanaman
Hal pertama yang perlu anda persiapkan adalah lahan tanam yang sesuai. Pemilihan lahan atau lokasi penanaman harus dilakukan dengan benar dan mememnuhi syarat tanam agar pohon durian pendek dapat tumbuh dengan maksimal nantinya. Untuk menentukan lokasi tanam yang baik, beberapa syarat yang harus dipenuhi adalah :
Ketinggian lahan yang dicari adalah dataran dengan ketinggian berkisar 50-1000 meter diatas permukaan laut.
Tekstur tanah yang baik untuk menanam durian pendek adalah tanah lempung pasir dengan kandungan unsur hara yang cukup.
Suhu lingkungan pada lahan tanam yang baik adalah berkisar antara 21o-30o Celcius.
Durian dapat tumbuh subur pada daerah dengan curah hujan 1.500-2.500 mm per tahun.
pH tanah yang baik adalah yang memiliki pH antara 6-7.
Pemilihan Bibit Durian Pendek
Pemilihan bibit durian merupakan salah satu kunci sukses dalam budidaya durian. Usahakan bibit diperoleh dari durian varietas unggul dengan kualitas terbaik seperti durian montong dan sitokong. Indukan yang berkualitas, juga akan menghasilkan bibit pohon durian yang baik pua. Bibit durian dapat anda hasilkan sendiri dengan cara mencangkok, okulasi maupun membeli bibit yang sudah jadi.

Untuk bibit yang sudah jadi, sebaiknya belilah bibit durian yang bersertifikat di toko pertanian. Namun bibit bersertifikat juga perlu dipilih lagi agar mendapat bibit terbaik. Dalam pemilihan bibit hendaknya dilakukan dengan seleksi yang benar sesuai ciri-ciri yang di inginkan. Bibit yang baik dapat dilihat ciri-cirinya seperti :
Memiliki daun yang rindang dengan banyak tunas.
Bibit dalam keadaan sehat bebas dari penyakit maupun serangan hama.
Bentuk batang utama tegak lurus dengan satu batang utama saja (tidak bercabang).
Diameter batang seimbang denga tinggi dari bibit tersebut.
Untuk benih hasil dari okulasi, pilih yang bekas sambungannya sudah hilang atau menyatu dengan sempurna.
Cabang dahan tumbuh merata dan seimbang, cabang yang tidak seimbang membuat pohon tidak mampu tumbuh dengan lurus.
Kulit batang berkerak seperti pada batang pohon dewasa.
Ukuran batang atas dan bawah memiliki ukuran yang sama.
Cara Menanam Pohon Durian Pendek
Setelah mempersiapkan lahan tanam dan melakukan pemilihan bibit berkualitas, selanjutnya adalah proses penanam pohon durian pendek. Namun sebelum melakukan penanaman, bibit mesti di inpakan terlebih dahulu di lokasi penanaman. Hal ini bertujuan agar benih dapat beradaptasi dengan lingkungannya yang baru.

Lakukan penggembuaran tanah dengan cara mencangkul sambil membersihkan lahan dari tanaman penggangu maupun gulma. Tanah yang sudah digemburkan selanjutnya dicampur dengan pupuk dan biarkan pupuk terserap oleh lahan selama seminggu.

Sumber: https://menitpertama.id/tonggak-id-hadirkan-bank-data-masalah-di-indonesia/