Bahasa Sebagai Alat Komunikasi

Bahasa Sebagai Alat Komunikasi

Bahasa Sebagai Alat Komunikasi
Bahasa Sebagai Alat Komunikasi

Definisi lain dari bahasa adalah

sebagai sebuah sistem komunikasi yang membuat manusia dapat bekerja sama. Definisi ini menekankan fungsi sosial dari bahasa dan fakta bahwa manusia menggunakannya untuk mengekspresikan dirinya sendiri dan untuk memanipulasi objek dalam lingkungannya.

 

Teori fungsioanal dari tata bahasa menjelaskan struktur tatabahasa

lewat fungsi komunikatifnya, dan memahami struktur tatabahasa dari bahasa sebagai hasil dari proses adaptif dimana tatabahasa telah “disesuaikan” untuk melayani kebutuhan komunikatif penggunanya.

 

Pandangan bahasa ini berhubungan dengan kajian bahasa dalam kerangka pragmatis

kognitif, dan kerangka interaksional, serta dalam socio-linguistik dan antropologi-linguistik. Para teori fungsionalis condong mempelajari tatabahasa sebagai sebuah fenomena dinamis, sebagai suatu struktur yang selalu dalam proses perubahan saat mereka digunakan oleh para pembicaranya.

 

Pandangan ini menyebabkan kajian typologi

linguistik menjadi penting, karena ia dapat memperlihatkan bahwa proses-proses dari gramatikalisasi condong mengikuti lintasan yang secara terpisah bergantung pada typologi. Dalam filosofi bahasa pandangan ini sering dikaitkan dengan karya terakhir Wittgenstein dan dengan filsuf bahasa umum seperti G. E. Moore, Paul Grice, John Searle dan J. L. Austin

Baca Juga :