Archimedes: Pelari Telanjang. Sebuah Serendipiti

Archimedes: Pelari Telanjang. Sebuah Serendipiti

Archimedes: Pelari Telanjang. Sebuah Serendipiti
Archimedes: Pelari Telanjang. Sebuah Serendipiti

Archimedes merupakan

seorang ilmuwan terkemuka Yunani yang hidup sekitar abad ketiga SM. Suatu ketika, Archimedes mendapat sebuah tugas dari Hero, Raja Sirakus, untuk menentukan apakah mahkota emas baru milik Hero terbuat dari emas murni, seperti yang diharapkannya, atau apakah si pembuat mahkota telah menggantinya dengan aloi (campuran logam) dan mengorupsi emasnya.

 

Saat itu Archimedes sudah mengetahui tentang kerapatan

dan juga tahu nilai kerapatan emas murni. Dia membayangkan bila dapat mengukur kerapatan mahkota dan membandingkannya dengan kerapatan emas murni, dia akan tahu apakah emasnya telah dipalsukan atau tidak. Tetapi meskipun tahu bagaimana mengukur berat mahkota, dia tidak tahu bagaimana mengukur volumenya agar dapat menghitung kerapatannya.

Untuk menenangkan diri, dia kemudian memutuskan untuk berendam di bathtub.

Di saat menceburkan diri ke dalam bak yang penuh air dan melihat air yang tumpah, dia sadar bahwa volume tubuhnya yang terendam sama dengan volume air yang tumpah. Dia mendapatkan jawaban untuk mengukur volume mahkota. Dia begitu gembira sehingga segera berlari ke luar rumah tanpa mengenakan apa-apa, lupa kalau dia tadi sedang berendam, berlari sepanjang jalan sambil berteriak: ”

EUREKA! EUREKA!”

(Saya telah menemukannya)!. Dan metode menentukan volume benda padat tak beraturan ini masih digunakan sampai saat ini. Btw, ternyata mahkota tadi ternyata adalah aloi, dan tukang emas yang membuat mahkota yang terbukti tidak jujur itu kemudian mendapatkan ganjaran yang setimpal atas kejahatannya.

Sumber : https://ahmadali88.artstation.com/blog/bnE1/definition-of-text-review-and-examples