6 Trik Fotografi dengan Alat Sederhana Tapi Hasil Seperti Profesional

6 Trik Fotografi dengan Alat Sederhana Tapi Hasil Seperti Profesional

Saat ini, telah tidak tidak banyak orang mengenal dunia fotografi. Apalagi ditambah dengan banyaknya platform media sosial yang memberikan fasilitas untuk menampung atau menjadi wadah guna mereka yang memiliki hasil fotografi.

Tak heran bila wadah itu dapat meningkatkan wawasan tentang dunia fotografi semakin luas. Di samping itu, pemakaian alat-alat fotografi pun telah semakin beragam.

Setidaknya orang-orang sudah mulai bisa mengoperasikan kamera untuk mengambil gambar. Baik itu dengan menggunakan kamera smartphone ataupun dengan kamera digital.

Namun tidak tidak tidak banyak orang yang bisa menghasilkan foto atau gambar yang mengesankan. Foto yang memiliki nilai tinggi seringkali melulu dapat didapatkan oleh profesional saja.

Namun bagaimana dengan kamu yang masih pemula dan berkeinginan menghasilkan gambar layak profesional? Tenang saja, anda dapat membuatnya tanpa perlu mempunyai perlengkapan atau perkakas fotografi yang mahal. Kamu dapat memakai perangkat atau benda sederhana yang ada di sekitarmu untuk mendapatkan hasil foto yang menakjubkan.

Berikut sebanyak trik fotografi untuk menghasilkan foto layaknya fotografer profesional.

Trik Fotografi dengan Menggunakan Alat Sederhana

1. Gunakan latar belakang alam

Kamu dapat memakai latar belakang tumbuh-tumbuhan yang tentunya dapat ditemukan di mana-mana. Kamu hanya perlu mengekplor angle untuk mendapatkan hasil layaknya fotografer profesional.

2. Gunakan benda-benda yang ada di sekelilingmu

Untuk mengejar hasil gambar dengan bayangan atau efek natural pada hasil foto portrait atau close up, anda dapat memakai sehelai daun. Kamu bisa memilih daun dengan tekstur yang unik, seperti daun pakis.

Setelah itu, anda melulu perlu menempatkan daun di depan lensa kameramu dan ambil dengan menggunakan cahaya alami, maka kamu akan mengejar efek yang natural pada wajahmu.

3. Masih untuk membuat efek yang natural

Kamu pun dapat memakai perlengkapan atau perkakas yang ada di rumah, loh. Kamu dapat memakai benda-benda yang memiliki celah atau lubang. Hal ini berfungsi untuk memberikan cahaya dari luar masuk, yang nantinya dapat menyerahkan efek yang modern pada objek foto.

4. Gunakan api kecil

Seperti yang terlihat pada gambar. Caranya pun sama dengan yang sebelumnya. Kamu hanya perlu menanam api kecil di depan lensa kamera yang nantinya akan memberikan efek langsung ke objek utama.

Efek natural ini seringkali diperlukan untuk keperluan objek dengan teknik pengambilan gambar portrait atau close up. Tentunya, hal ini untuk memberikan detail efek natural yang ada pada wajah.

5. Gunakan layar smartphone untuk efek refleksi

Kalau kamu berkeinginan mendapatkan hasil foto dengan efek refleksi, anda dapat memakai alat bantu dengan menggunakan layar handphone. Kamu hanya perlu menanam layar handphone di depan lensa kameramu. Kamu hanya perlu mengatur posisi yang pas dan tepat dengan objek utama yang berkeinginan kamu berikan refleksi.

6. Manfaatkan momen tertentu

Kamu pun dapat memanfaatkan waktu-waktu tertentu untuk mendapatkan hasil foto yang bagus. Beberapa waktu yang baik untuk mendapatkan hasil foto maksimal merupakan saat matahari terbenam.

Kamu bisa mendapatkan hasil foto dengan nuansa hangat. Kamu bisa mempraktikkannya setelah matahari terbenam dan sekitar satu jam sebelum matahari terbenam. Hal ini akan memberikan sentuhan yang hangat alami pada foto.

Baca Juga :