3 Asas Penting dalam Proses Penyusunan APBN

3 Asas Penting dalam Proses Penyusunan APBN

3 Asas Penting dalam Proses Penyusunan APBN

Sebagaiman disebutkan di atas bahwa untuk menyususun APBN yang bermanfaat untuk kepentingan rakyat maka APBN harus disusun dengan melandaskan pada 3 asas penting, selengkapnya tentang asas-asas dalam penyusunan APBN adalah sebagai berikut:

1. Asas Kemandirian,

Asas kemandirian mengandung makna bahwa APBN segala macam jenis pembiayaan negara harus didasarkan pada kemampuan negara, adapun pinjaman luar negeri hanya dipakai untuk pelengkap. Dari pengertian ini maka dapat diambil poin singkat bahwa pembiayaan negara sebisa mungkin harus menggunakan dana negara, apabila dana negara belum cukup untuk menutup pembiayaan tersebut maka baru diambil langkah dengan berhutang pada luar negeri.

2. Asas penajaman prioritas pembangunan,

Asas ini mengandung arti bahwa dalam menyusun APBN harus mengutamakan pembiayaan-pembiayaan yang mempunyai manfaat yang tinggi. Dengan adanya asa ini maka diharapkan pembiayaan yang ada dalam APBN lebih mengutamakan pembiayaan untuk pembangunan daripada untuk konsumsi atau pembiayaan yang kurang penting.

3. Asas Penghematan (peningkatan efisiensi dan produktivitas)

Asas penghematan mengandung arti bahwa belanja negara yang akan disusun dalam APBN harus menghindari pengeluaran-pengeluaran yang bersifat pemborosan atau pengeluaran yang tidak produkstif.


Sumber:

https://www.dosenpendidikan.co.id/